Ketika Prajurit TNI Berbadan Gembrot Mengundang Gelak Tawa

Mohammad Adrianto S, Okezone · Sabtu 23 Oktober 2021 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 337 2490291 ketika-prajurit-tni-berbadan-gembrot-mengundang-gelak-tawa-WIfzShVHnM.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa mengumpulkan prajurit berbadan gembrot (Foto: Youtube TNI AD)

JAKARTA - Seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dituntut memiliki tubuh yang ideal guna menjaga kesehatan tubuh. Ini tentu bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga dan istirahat cukup. 

Dalam sebuah Apel Danrem Dan Dandim Terpusat 2020 silam, Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkaksa beserta Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen TNI M. Fachrudin meminta sejumlah Danrem untuk mencari Dandim yang memiliki badan "gembrot" atau gemuk.

Baca Juga: KSAD Jenderal Andika Jenguk Prajurit Alami Tumor Otak

Melansir kanal YouTube resmi TNI-AD, para Danrem ini kemudian memanggil sejumlah Dandim yang terlihat berbadan gemuk. Setelah Dandim-Dandim terkumpul di depan, Andika menanyakan beberapa pertanyaan kepada mereka.

"Sudah berapa lama badannya begini?" tanya Andika.

Dirinya mendapat berbagai jawaban dari para Dandem. Ada yang bilang baru tahun itu menjadi gemuk, ada yang sudah 1 tahun lebih, ada juga yang bercanda sudah sejak SMA berpostur gemuk. Sontak ini mengundang gelak tawa dari pasukan TNI, termasuk Jenderal Andika sendiri.

"Kenapa badannya bisa jadi sebesar itu?" tanya Andika kembali. 

Lagi-lagi Andika mendapat respon bervariasi. Ada yang menjawab karena tidak bisa mengontrol makan, ada yang merespon badannya seperti itu. Seorang Dandim berujar badannya sebenarnya kurus, tapi karena terlalu sering makan badannya jadi gemuk, yang tentunya membuat orang-orang tertawa.

Pertanyaan terkait berat badan sudah sering Andika tanyakan dalam berbagai Kunjungan Kerja (Kunker) Kasad TNI. Tidak hanya Kasad yang mendapat pertanyaan, istri Kasad pun juga ditanyakan soal makanan.

"Cemilan apa yang sering dimakan istri?" tanya Andika kepada Kasad.

Baca Juga:  Panglima Hadi Tjahjanto: Terima Kasih Atas Pengorbanan Seluruh Prajurit TNI dan Anggota Polri

Pertanyaan ini menjadi ajang membuka aib istri di hadapan petinggi TNI. Para Kasad menyampaikan cemilan yang dikonsumsi istri mereka, seperti pisang cokelat 1 piring, hingga makanan dalam toples.

Rupanya, di balik pertanyaan mengenai berat badan yang terlihat lucu, Jenderal Andika menyimpan kekhawatiran terhadap anggota-anggotanya. Dirinya khawatir bahwa postur gemuk mereka akan membawa penyakit di masa mendatang.

"Saya sepintas khawatir dengan keadaan Dandim yang tadi berbadan gemuk. Makanya tadi ditanya sudah berapa lama begini. Kalau sudah lama paling minimal diabetes ini," papar Andika.

Andika menyatakan, bahwa penyakit diabetes bisa merembet ke penyakit-penyakit lain. Lebih lanjut, Andika mendapat laporan bahwa terdapat sekitar 500 perwira TNI yang mengalami penyakit di tahun 2020.

"Ada sekitar 539 perwira TNI yang sakit, seperti sakit jantung, gagal ginjal, dan diabetes. 58 di antaranya juga karena Covid-19," tutur Andika.

Dalam kesempatan itu, Andika berharap bahwa anggotanya mau bertekad untuk menjaga kesehatan lebih baik. Dirinya melanjutkan, bahwa hal ini bisa dilakukan dengan kontrol diri yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini