Share

Soal Kewajiban Swab PCR di Perjalanan, Golkar: Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 22 Oktober 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 337 2490156 soal-kewajiban-swab-pcr-di-perjalanan-golkar-lebih-baik-mencegah-daripada-mengobati-tm7j8MJoZg.jpg Imanuel Milkiades di kantor DPP Partai Golkar (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena meminta masyarakat untuk memahami aspek pencegahan penularan kasus Covid-19 di akhir tahun 2021.

"Kita ambil sisi positifnya. Karena kita saksikan saat membuka proses dan kegiatan di ruang publik itu tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada penularan Covid-19 di ruang publik. Baik itu di sekolah, transportasi udara, darat, laut, dan lainnya," ujar Melki Laka Lena di Kantor DPP Partai Golkar, Jumat (22/10/2021)

Baca juga:  Golkar Akui di Tangan Jokowi-Ma'ruf Penanganan Covid-19 Kian Baik

Ia menyebutkan, kalau diiihat orang bergerak sudah terpantau aplikasi Peduli Lindungi. Tapi apabila dia bergerak dalam konteks jauh melalui penerbangan, PCR swab harus kita pakai, karena lebih baik mencegah cluster daripada mengobati.

"Kami bisa memahami keputusan Kemendagri, dengan tes PCR itu bisa mencegah orang berpotensi kena itu menularkan di area publik. Ini kita pikirkan juga di transportasi darat dan laut, di sekolah dan kantor harus ada swab antigen acak," jelas Melki.

Baca juga:  HUT Ke-57 Golkar, Airlangga Resmikan Yellow Clinic di Kantor DPP

Follow Berita Okezone di Google News

Ia meminta masyarakat untuk tidak melihat penurunan kasus Covid-19 kemudian berpikir pandemi sudah selesai.

"Karena lebih baik mendeteksi sejak awal dibandingkan menciptakan penularan di lapangan. Potensi gelombang ketiga pasti tetap ada, perlu ada pencegahan dengan baik. Russia saja sekarang kewalahan. Kita harus menaati peraturan yang sudah kita sepakati. Di awal pandemi kita belum tertib, sekarang lebih tertib," kata Melki Laka Lena.

Partai Golkar sebagai bagian dari koalisi pemerintahan dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian amat mendukung kinerja pemerintah Jokowi-Ma'ruf.

"Seluruhnya akan lebih berhasil jika partispasi masyarakat itu tinggi. Partisipasi masyarakat dalam mengikuti anjuran pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kita dalam dua atau tiga Minggu bisa menurunkan Covid-19 dengan cepat, itu prestasi pemerintah, swasta, KCP PEN, TNI Polri, masyarakat. Gelombang ketiga bisa kita cegah dan meminimalisir untuk mencegah peningkatan jumlah kasus Covid-19," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini