Kabaintelkam Polri Pengganti Komjen Paulus Waterpauw Masih Diproses Wanjakti

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 22 Oktober 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 337 2489999 kabaintelkam-polri-pengganti-komjen-paulus-waterpauw-masih-diproses-wanjakti-Gn2qQ3xQj4.jpeg Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto : Ist)

JAKARTA - Polri menyatakan, posisi Kabaintelkam sampai dengan saat ini masih kosong. Pasalnya, hal itu masih dibahas dalam rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Kabaintelkam Polri sebelumnya dijabat Komjen Paulus Waterpauw. Namun, saat ini, Paulus telah resmi menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

"Siapa pengantinya masih menunggu proses di Wanjakti," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Menurut Argo, sebelum dilantik, Paulus telah pamit dan menyerahkan jabatannya sebagai Kabaintelkam kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dengan adanya penyerahan tugas itu, posisi Kabaintelkam Polri kosong. Untuk itu, secara otomatis, Wakabaintelkam Irjen Suntana bertugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) jabatan tersebut.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 849 Tahun 2015 tentang Status Jabatan di Lingkungan Polri.

"Nah, Kabaintelkam yang telah menyerahkan tugasnya ke Kapolri maka secara otomatis tugas dan tanggung jawabnya dilaksanakan Wakabaintelkam," ujar Argo.

Baca Juga : Tito Karnavian Lantik Kepala Baintelkam Polri Jadi Pejabat Badan Nasional Pengelola Perbatasan

Komjen Paulus Waterpauw merupakan jebolan Akpol 1987. Seiring 38 tahun pengabdiannya di kepolisian, Paulus akan memasuki pensiun pada 1 November 2021.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan alasannya melantik Komjen Paulus sebagai pejabat BNPP. Menurutnya, Paulus Waterpauw dipilih karena pengalaman yang dimilikinya. Selain itu, Paulus dinilai memiliki jam terbang yang tinggi.

“Pengalaman bukan hanya di Papua. Daerah yang banyak perbatasannya ya, dengan daratnya ada perbatasan, lautnya ada negara palau dan lain-lain, Papua Nugini, Australia. Tapi juga beliau juga pernah di Sumut. Mantan kepala intelijen polri otomatis memiliki pemahaman tentang Indonesia secara menyeluruh lengkap," kata Tito, Kamis 21 Oktober 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini