Ketika Presiden Jokowi Tunggangi Kendaraan Taktis Lintasi Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 21 Oktober 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 337 2489739 ketika-presiden-jokowi-kendarai-mobil-taktis-lintasi-jembatan-sei-alalak-di-banjarmasin-X49nrTOoov.jpg Presiden Jokowi gunakan mobil taktis melintasi Jembatan Sei Alalak (Foto: Agus Suprapto)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Sei Alalak dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

Kepala Negara menggunakan mobil taktis P6 ATAV V1 saat melintasi Jembatan Sei Alalak. Kendaraan milik TNI ini diproduksi secara massal di dalam negeri.

Jokowi tampak menggenakan pakaian khasnya dengan kemeja putih lengan panjang dan bercelana hitam. Ia tampak gagah menaiki kendaraan tektis tersebut dengan pintu mobil yang terbuka.

Presiden juga mendapat pengawalan ketat Paspamres saat melintasi jembatan di Banjarmasin tersebut.

Jokowi berpesan agar jembatan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif di masyarakat. Dengan begitu, dampaknya bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin

Dia mengaku bersyukur bahwa pembangunan Jembatan Sei Alalak telah rampung. Pasalnya, masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan bahwa jembatan sepanjang 850 meter ini dibangun dengan anggaran mencapai Rp278 miliar. Jembatan ini dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa dengan perkiraan mampu bertahan sampai 100 tahun.

Baca juga: Banjarmasin Macet Parah, Jokowi Minta Jembatan Sei Alalak Dibuka

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim Jembatan Sei Alalak sore hari ini saya nyatakan diresmikan,” katanya

Sebelumnya, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyampaikan alasan mengapa Presiden menggunakan kendaraan taktis saat kunker ke Kalimantan.

Dia mengatakan Presiden ingin memperkenalkan kendaraan serang taktis yang diproduksi di dalam negeri.

“Kita tahu bahwa Presiden ingin selalu memperkenalkan produk lokal, mulai dari minuman, makanan, sepatu, jaket, hingga motor custom. Kali ini Presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri, kecuali mesin ya,” ujar Tri Budi dalam keterangannya dikutip Antara.

Selain itu, Jokowi juga ingin lebih dekat dengan rakyat dalam setiap kunjungannya ke daerah.

“Dalam setiap kunjungan kerja ke daerah, Presiden selalu menyapa masyarakat. Namun Presiden merasa bila dari mobil yang biasa digunakan masih terasa ada sekat. Dengan mobil yang agak terbuka, Presiden berharap masyarakat merasakan kedekatan tersebut,” kata dia.

Baca juga: Jembatan Sei Alalak Penghubung Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan Tengah

Menyinggung masalah keamanan Presiden karena mobil tersebut semi terbuka, Mayjen Tri mengatakan bahwa seluruh lapisan bodi dari mobil tersebut adalah baja antipeluru. “Bagian depan juga menggunakan kaca antipeluru,” ujar Mayjen Tri.

Selain itu, rantis tersebut memiliki kemampuan mendeteksi arah tembakan musuh dengan teknologi Gunshot Detection System. Sementara kerangka mobil terbuat dari rangka pipa baja yang mengelilingi seluruh kendaraan.

“Rangka pipa baja untuk melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan,” ujar dia.

Baca juga: Dapat keluhan Stok Vaksin di Kalsel Kurang, Presiden Jokowi: Nanti Saya Kirim

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini