Database Bocor, KPAI Telah Lapor ke BSSN dan Polri

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 21 Oktober 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 337 2489706 database-bocor-kpai-telah-lapor-ke-bssn-dan-polri-1vrL1LhgEh.jpg KPAI (Dok Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jasra Putra, membenarkan adanya kebocoran database. Ia menjelaskan database yang diretas merupakan data yang berisi informasi pengaduan dari masyarakat.

"Iya itu kan ada database online, database pengaduan. Nah itu data-datanya diambil diretas," ujarnya ketika dihubungi wartawan pada Kamis (21/10/2021)

Sehubungan dengan itu, KPAI telah melaporkan kejadian tersebut kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengetahui sejauh mana kebocoran tersebut. KPAI juga telah melaporkannya ke polisi.

"Kita sudah minta ke cyber juga kemarin pada Sandi Negara sudah sejauh mana kebocoran itu dan kita juga membuat laporan ke pihak polisi," ucapnya.

Baca Juga : Database Pengaduan KPAI Diduga Bocor dan Dijual Online

Database yang dinyatakan bocor tersebut berisi data pengaduan online, seperti pengaduan yang sudah ditangani, dirujuk atau diproses ada dalam website resmi KPAI.

"Iya data-data pengaduan itu yang diretas di website juga kan ada pengaduan online ya. Ada database pengaduan masyarakat disitu kan datanya ada yang sudah ditangani, ada yang dirujuk, ada yang dalam proses itu yang diretas," katanya

Sebagaimana diketahui, kebocoran database tersebut diunggah pada 13 Oktober 2021 sekitar pukul 11.07 malam dengan nama Leaked Database KPAI (kpai.go.id) oleh akun C77. Kemudian, kabar tersebut pun lantas viral di media sosial yaitu Twitter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini