Resmikan Pabrik Biodiesel, Presiden Jokowi: Saya Berkomitmen Tinggalkan Energi Fosil

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 21 Oktober 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 337 2489611 resmikan-pabrik-biodiesel-jokowi-saya-berkomitmen-tinggalkan-energi-fosil-Tu1T7qihol.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pilihan memperkuat biodiesel di Tanah Air bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Dia mengatakan dengan biodiesel akan meningkatkan kualitas lingkungan.

“Pengembangan biodiesel kita ingin masuk kepada energi baru terbarukan (EBT) yang akan meningkatkan kualitas lingkungan melalui kontribusi pengurangan emisi gas rumah kaca,” katanya saat meresmikan Pabrik Biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

Dia mengatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk meninggalkan fosil dan beralih pada EBT. Pihaknya pun akan terus meningkatkan produksi biodiesel di Indonesia.

“Sekali lagi saya menegaskan memegang teguh komitmen meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan. Karena itu produksi B30 ini, produksi biodiesel kita tingkatkan. Dan 2021 mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter. Dan saya minta tahun depan meningkat lebih tinggi lagi,” ungkapnya.

Baca juga: Resmikan Pabrik Biodiesel Milik Jhonlin, Presiden Jokowi: Jangan Cuma Ekspor Bahan Mentah!

Menurutnya, langkah-langkah strategis ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik dari hulu sampai hilir.

“Di hulu ada industri sawit dan CPO. Di tengah ada industri biodiesel. Di hilir ada industri pengguna biodiesel. Baik itu industri transportasi, kemudian pembangkit listrik, dan industri-industri lainnya,” pungkasnya.

Baca juga: Penyaluran Biodiesel B30 Capai 4,3 KL di Semester I-2021, Hemat Devisa Rp24 Triliun

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini