Humor Gus Dur: Tidak Ingat Tanggal Lahir

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 21 Oktober 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 337 2489306 humor-gus-dur-tidak-ingat-tanggal-lahir-43JEisQKsl.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA – Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ternyata memiliki rahasia yang tidak banyak diketahui banyak orang. Dikabarkan, Gus Dur tidak mengetahui pasti kapan beliau lahir.

Menyadur buku Mati Tertawa Bareng Gus Dur, sempat ada kesalahpahaman terhadap Gus Dur dengan guru SD-nya, akibat tidak mengetahui kapan dilahirkan.

Baca Juga:  Humor Gus Dur : Wajah Dokter Kecut Gegara Kereta Api

Gus Dur, nama lengkapnya adalah Abdurrahman Al-Dakhil. Dia dilahirkan pada hari Sabtu di Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Ada rahasia dalam tanggal kelahirannya. Gus Dur ternyata tidak tahu persis tanggal berapa sebenarnya dia dilahirkan.

Sewaktu kecil, saat dia mendaftarkan diri sebagai siswa di sebuah SD di Jakarta, Gus Dur ditanya, " Namamu siapa Nak?" "Abdurrahman," jawab Gus Dur.

"Tempat dan tanggal lahir?' "Jombang...," jawab Gus Dur terdiam beberapa saat.

"Tanggal empat, bulan delapan, tahun 1940," lanjutnya Gus Dur agak ragu sebab dia menghitung dulu bulan kelahirannya.

Baca Juga:  Humor Gus Dur: Tukang Becak Madura Banyak Akal dan Cerdik

Gus Dur hanya hafal bulan Komariahnya, yaitu hitungan berdasarkan perputaran bulan. Dia tidak ingat bulan Syamsiahnya atau hitungan berdasarkan perputaran matahari.

Yang Gus Dur maksud, dia lahir bulan Syakban, bulan ke delapan dalam hitungan Komariah. Tetapi gurunya menganggap Agustus, yaitu bulan delapan dalam hitungan Syamsiah.

Maka sejak itu dia dianggap lahir pada tanggal 4 Agustus Padahal sebenarnya dia lahir pada 4 Syakban 1359 Hijriah atau 7 September.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini