Wapres: Pesantren Bertransformasi Gerakkan Perekonomian Masyarakat

Antara, · Rabu 20 Oktober 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 337 2489161 wapres-pesantren-bertransformasi-gerakkan-perekonomian-masyarakat-mcOBFZ4eWX.jpeg Wapres Maruf Amin (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin mengatakan, pondok pesantren telah bertransformasi dari sekadar pusat pendidikan keagamaan menjadi penggerak perekonomian di lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar.

"Kini pesantren telah bertransformasi menjadi lebih berdaya, tidak hanya mendalami agama, tapi pesantren juga mampu menggerakkan perekonomian di lingkungan pesantren dan perekonomian masyarakat di sekitarnya," kata dia dalam webinar, Rabu (20/10/2021).

Ia menyebutkan, transformasi peran pesantren tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, yang memuat tiga fungsi utama pesantren.

Ketiga fungsi utama pesantren tersebut, kata dia, ialah sebagai pusat pengkaderan para pemikir agama, sebagai lembaga pencetak sumber daya manusia serta sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat.

"Melihat ketiga fungsi utama tersebut, maka kebangkitan perekonomian pesantren harus dimulai dari para santri," katanya.

Baca juga: Hari Santri 2021, Wapres Ingatkan Pesantren Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Peran pesantren dalam perekonomian tersebut, kata dia, juga mendapat dukungan dari Pemerintah melalui program santripreneur dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah dan membentuk Bank Wakaf Mikro (BWM).

"Pemerintah juga memberikan dukungan berupa KUR Syariah dan BWM untuk meningkatkan akses permodalan usaha di lingkungan pesantren. Pemerintah juga telah membangun lebih dari 1.000 Balai Latihan Kerja untuk mengembangkan keterampilan para santri," katanya.

Baca juga: Wapres Imbau Masyarakat Tetap Tenang Hadapi Musibah Gempa Bali

Selain itu, sejumlah pesantren juga telah mengembangkan usaha di sektor keuangan, pertanian, perikanan dan pariwisata. Dengan berbagai pengembangan untuk pemberdayaan SDM tersebut, dia meminta pesantren memastikan kualitas produk pesantren memenuhi selera pasar.

"Guna mendukung upaya tersebut, diperlukan peran pihak terkait untuk membantu usaha pesantren agar lebih berkembang. Dalam kaitan inilah para pengusaha kiranya dapat membantu dan memanfaatkan potensi yang dikembangkan di pesantren," ujar dia.

Baca juga: Menag Yaqut Tekankan Pesantren Tak Hanya Berkutat untuk Literasi Keagamaan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini