Wapres Ma'ruf Setuju Kemenag Tambah Ditjen Pesantren

Widya Michella, MNC Media · Rabu 20 Oktober 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 337 2489139 wapres-ma-ruf-setuju-kemenag-tambah-ditjen-pesantren-NiZx2Lc9p7.jpg Menteri Agama, Gus Yaqut (foto: istimewa)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, usulan penambahan Direktorat Jenderal yang khusus menangani Pesantren telah disetujui Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin. Usai disetujui, akan dibahas secara teknis dengan Kementerian PAN-RB

"Insya Allah mohon dukungan Gus Rozin dan seluruh santri kami sedang mengusulkan satu dirjen baru di kementerian agama Dirjen pesantren di eselon 1 untuk berkonsentrasi mengurus pesantren secara penuh. Saya sudah menghadap pak wakil presiden selaku ketua tim reformasi birokrasi dan beliau berkenan, Insya Allah nanti secara teknis kita akan segera bicarakan dengan Menpan-RB," kata Menag Yaqut pada Webinar Internasional RMI-PBNU dalam memperingati Hari Santri 2021, Rabu (20/10/2021).

Baca juga:  Kemenag : Pelaksanaan PTM Harus Izin Gugus Tugas Setempat

Ia menambahkan, jika poin tersebut disetujui pada jajaran eselon 1 untuk Ditjen Pesantren ini dapat diduduki oleh para santri-santri yang memiliki kesempatan untuk mengurus santri secara struktural yang selama ini tidak pernah dilakukan.

"Nah kalau ini kita dapat poin ini luar biasa eselon 1 di Kemenag itu tidak harus PNS artinya semua memenuhi syarat santri-santri ini. Kalau kita punya santri yang nanti menjadi salah satu dirjen di Kemenag yang mengurusi pondok pesantren saya membayangkan bagaimana para santri ini akan gilang gemilang,"imbuhnya.

Baca juga:  Menag Minta PTKN Bangun Solidaritas dan Edukasi soal Covid-19

Ia menyatakan, bahwa Kemenag sangat terbuka terutama untuk kehadiran pesantren di seluruh Indonesia.

"Dalam mempersiapkan ini Kemenag membuka diri untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya, mempersiapkan para santri untuk mampu bertarung di waktu yang akan datang," ucapnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini