Siswa Terpapar Covid-19 Saat PTM, Jokowi ke Pemda: Kontrol Lapangan Harus Dilakukan

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 20 Oktober 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 337 2489056 siswa-terpapar-covid-19-saat-ptm-jokowi-ke-pemda-kontrol-lapangan-harus-dilakukan-6VOZ3Ea8ii.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) proaktif mengawasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah yang kini sudah mulai dibuka kembali. Pasalnya, ia melihat ada beberapa siswa yang terpapar Covid-19 saat mengikuti PTM.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat meremikan pembukaan APKASI Otonomi Expo 2021 yang dihadiri bupati dari seluruh Indonesia. Acara pembukaan dilakukan di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

"Perlu saya ingatkan karena ini hampir semuanya sudah mulai dibuka. Sekolah mulai PTM, kontrol lapangan harus terus dilakukan, utamanya berkaitan dengan sekolah, PTM, cek bahwa kesiapan sekolah dalam menerapkan prokes betul-betul dijalankan," ujarnya dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Namun demikian, Jokowi mengakui mengontrol penerapan prokes di sekolah saat PTM bukanlah hal mudah. Kesulitan itu semakin tinggi saat yang dikontrol adalah pelajar tingkat SD.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa hal itu harus dilakukan karena sudah ada beberapa siswa yang terpapar Covid-19 saat PTM dilaksanakan.

Baca juga: Cek Penyebaran Covid-19, Ribuan Siswa di Kota Bandung Dites Antigen

"Karena mengelola anak-anak yang SD bukan hal mudah. Satu, dua, mulai sudah ada yang terpapar lagi sehingga semua daerah saya harap kewaspadaannya terhadap ini, karena beberapa negara merangkak naik juga karena pembukaan sekolah dan kita tak mau ini terjadi di negara kita," pungkas Jokowi.

Baca juga: Belajar Tatap Muka Harus Didukung Testing dan Vaksinasi

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini