Sosok Prabu Siliwangi yang Begitu Dihormati Masyarakat Sunda

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 20 Oktober 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 337 2488847 sosok-prabu-siliwangi-yang-begitu-dihormati-masyarakat-sunda-9XDGwEdSdf.jpg Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi (foto: istimewa)

RAJA PAJAJARAN Prabu Siliwangi konon begitu dihormati oleh kepercayaan lokal. Kepercayaan lokal tradisional di Sunda Wiwitan, menyebut tokoh Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi adalah sosok pemimpin ideal dan memiliki pengaruh besar di masyarakat Sunda.

Selama masa hidupnya, konon Prabu Siliwangi begitu dihormati semua rakyatnya. Sebagaimana dikisahkan pada buku "Hitam Putih Pajajaran : dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" tulisan Fery Taufiq El Jaquene.

Baca juga: Awal Mula Islam Masuk ke Pajajaran saat Diperintah Prabu Siliwangi

Tak hanya diakui akan kepemimpinannya, sebagai leluhur para manak atau bangsawan Sunda, dan dipercaya selalu mengayomi semua masyarakat tidak pandang ras, suku, budaya, dan agama. Ia satu - satunya raja yang namanya hingga sekarang masih menjadi idola di masyarakat Sunda.

Konon kompleks Pura Parahiyangan Agung Jagatkarta yang terletak di lereng utara Gunung Salak, terdapat candi yang dibangun orang terdahulu sebagai bentuk ekspresi memuliakan tokoh Sunda Prabu Siliwangi. Pura ini berada di daerah Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bahkan di agama Konghucu, Prabu Siliwangi juga dipuja dan memiliki bangunan tersendiri pada Vihara Nam hai Se Im Pu Sa, Simpena, Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga:  Cerita Prabu Siliwangi Bikin Parit di Luar Benteng Ibu Kota Pajajaran

Pengkultusan Prabu Siliwangi ini terekam dalam carita pantun Langga Larang, Babakcatra, Siliwangi, dan Haturwangi. Keempat cerita pantun ini disebut dalam naskah Siksa Kandang Karesian yang memiliki bahasa dan aksara Sunda kuno.

Tercatat naskah ini muncul pada tahun 1518 Masehi, yang menyatakan bahwa Kerajaan Pajajaran masih berdiri di bawah naungan Sri Baduga Maharaja. Di tahun 1518 Masehi, Sri Baduga Maharaja sudah menjadi tokoh cerita pantun.

Prabu Siliwangi menjadi simbolis sejarah yang tidak termaktub dalam teks dan rangakaian cerita rakyat yang turun temurun saja. Namun namanya kerap digunakan sebagai legitimasi politik para bupati dan bangsawan Sunda.

Pada naskah yang ditemukan Sutaarga pada abad ke - 19 Masehi, nama Prabu Siliwangi dimuat sebagai fasilitas kebutuhan para bupati yang berkuasa di berbagai kabupaten di Jawa Barat, khususnya Priangan. Melalui babad - babad kekeluargaan, mereka ingin menggabungkan trahnya hingga menuju ke Prabu Siliwangi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini