5 Kecelakaan yang Terjadi saat Hujan, Waspada!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 19 Oktober 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 337 2488240 5-kecelakaan-yang-terjadi-saat-hujan-waspada-kQVTebAdGJ.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Musim hujan telah tiba. Pengguna kendaraan bermotor harus mulai siap menghadapi rintangan selama musim penghujan.

Pasalnya, curah hujan dan genangan air dapat membuat kendaraan mengalami selip ban yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut adalah beberapa kasus kecelakaan yang disebabkan oleh hujan;

1. Juni 2021

Pengendara motor tewas akibat berkendara di tengah hujan. Insiden ini terjadi pada Senin (21/6/2021) sekitar pukul 20.30 WITA di Jembrana, Bali. Korban yang berinisial GNA dikabarkan mengendarai motor saat hujan deras dan situasi sekitar yang gelap.

Akibatnya, Ia tidak melihat ada tiang lostrik yang roboh saat melalui kawasan Banjar Taman, Desa Batuagung. Akibatnya, korban menabrak tiang listrik tersebut dan terpental sejauh 15 meter dari lokasi kejadian.

2. Maret 2021

Pria berinisial S ditemukan tewas setelah jas hujan yang ia kenakan tersangkut bak truk yang melaju di sebelahnya. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (25/3/2021) di Wates, Kediri. Saat kejadian, Ia mengendarai motor bersama rekannya yang berinisial G.

Kecepatan motor yang dikendarai mereka membuat ujung jas hujan yang korban kenakan berkibar dan berakhir tersangkut di truk bak yang melaju seiringan di sebelahnya. Hal ini membuat korban tidak dapat mengendalikan laju motor dan berakhir ambruk di sisi kanan jalan. Tabrakan yang terjadi kemudian membuat korban tewas seketika. Sementara rekannya mengalami luka serius dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

3. Februari 2021

Sebuah mobil mengalami kecelakaan tunggal di bilangan Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (3/2/2021) pagi. Diduga pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraannya di jalanan yang licin karena hujan. Mobil tersebut dikabarkan menabrak di Jl. Kramat Raya Kwitang mengarah Simpang Lima Senen.

Akibat kejadian ini, beberapa orang dikabarkan mengalami luka-luka dan segera mendapat penanganan petugas Laka Lantas Jakpus.

4. Januari 2021

Kecelakaan yang terjadi pada Senin (4/1/2021) di Tol Solo-Semarang KM 428 Jalur B diduga disebabkan oleh cuaca berhujan. Kejadian ini melibatkan enam kendaraan dan sebuah bus. Bus mengalami keterlambatan manuver sehingga menabrak kendaraan di depannya.

Akibat kecelakaan ini, satu orang menderta dan seorang lainnya, yang merupakan seorang penyanyi dangdut berinisial CS dikabarkan meninggal dunia. Menurut sumber, hal ini terjadi akibat hujan deras yang membuat terbatasnya jarak pandang pengemudi.

5. Desember 2020

Sebuah mobil mengalami kecelakan berkendara saat hujan di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Kejadian ini terjadi pada Sabtu (5/12/2020) pukul 23.00. Pihak kepolisian menduga penyebab kecelakaan ini adalah karena pengemudi kehilangan kendali saat hujan.

Hal ini menyebabkan mobil tersebut oleng dan menabrak 16 motor yang sedang bertebuh tidak jauh dari lokasi kejadian. Salah seorang pemilik motor yang berinisial NOV terluka akibat kejadian ini. Pelaku, yang berinisial MPS, juga diduga melanggar Pasal 310 (2) UU RI No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini