4 Insiden Tersambar Petir saat Bermain Handpone, Ada yang Sampai Dua Kali

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 19 Oktober 2021 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 337 2488232 4-insiden-tersambar-petir-saat-bermain-handpone-ada-yang-sampai-dua-kali-zqI7rbH1jX.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Memainkan ponsel di tengah cuaca buruk ternyata bisa berakibat fatal. Peristiwa itu kerap kali pernah terjadi di Indonesia yang bahkan bisa sampai menimbulkan korban jiwa.

Tim Litbang MPI berhasil merangkum daftar insiden tersambar petir ketika sedang memainkan ponsel. Berikut daftarnya.

1. Dharmasraya, Sumatera Barat

Tiga orang remaja berinisial JH, PH dan YF tersambar petir saat tengah bermain telepon genggam di areal perkebunan dekat menara pemantau api wilayah Dharmasraya, Sumatera Barat pada 19 Maret 2021 pukul 12 malam.

Melansir Okezone, ketiganya adalah pekerja di perkebunan tersebut dan sudah ada di lokasi kejadian pada 18 Maret 2021 pukul 8 malam. Akibat gerimis disertai petir, ketiganya terpaksa menunggu sembari memainkan ponselnya hingga larut malam. Namun nahas, kejadian mengerikan itu terjadi. Korban YF mengalami luka bakar dan dilarikan ke RSUD setempat. Sementara itu, nyawa JH dan PH tidak bisa diselematkan.

2. Bantul, DIY

Seorang pemuda berusia 18 tahun asal Bantul menderita luka bakar akibat tersambar petir pada Februari 2020. Ia langsung dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati, Bantul untuk mendapat pertolongan. Korban berinisial FA ini awalnya memainkan ponsel saat tengah diisi dayanya, sebelum tersambar petir akibat cuaca buruk saat itu. Diketahui, kondisi korban tidak terlalu parah dan masih dalam keadaan sadar ketika dibawa ke rumah sakit.

3. Merangin, Jambi

Akibat memainkan ponsel di tengah kondisi hujan lebat dan petir, tiga orang remaja berinisial K, S dan M tersambar petir pada Minggu, 24 Februari 2019. Ketiganya merupakan warga Merangin, Jambi yang sedang bermain di rumah K.

Korban K harus dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapat perawatan karena luka bakar yang diderita cukup serius. Sementara itu, dua korban lainnya diperbolehkan pulang. Sebelum kejadian, para korban sebenarnya sudah ingin mematikan jaringan internet di ponselnya. Namun, petir lebih dulu menyambar dan melukai ketiganya.

4. Lebak, Banten

Asyik bermain ponsel saat cuaca ekstrem, seorang remaja berinisial A asal Banten tewas tersambar petir. Peristiwa memilukan ini terjadi pada 6 November 2018. Awalnya, korban sengaja berhenti di sebuah saung karena hujan deras disertai petir. Khawatir tersambar petir, korban berpindah ke lokasi lain.

Korban sempat selamat dari sambaran petir pertama. Namun, ketika petir kedua datang, korban langsung tergeletak tak bernyawa. Melansir iNews.id, warga setempat melihat korban selalu memainkan ponselnya. Padahal, cuaca sedang buruk. Masyarakat sekitar langsung mengevakuasi jasad korban ke rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini