Humor Gus Dur: Abdurrahman Wahid Siapa?

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 337 2488200 humor-gus-dur-abdurrahman-wahid-siapa-yAe3RaFgvH.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal memiliki kedekatan dengan berbagai tokoh publik. Ini tidak lepas dari sifatnya yang jenaka dan sering berguyon.

Menyadur buku Mati Tertawa Bareng Gus Dur, salah satu tokoh yang masih ingat betul dengan kejenakaan Gus Dur adalah budayawan Mohamad Sobary. Dirinya pernah menceritakan salah satu humor Gus Dur yang membuatnya terpingkal-pingkal.

Pernah suatu ketika Gus Dur di ruang kerjanya di Istana Merdeka menerima Mohammad Sobary, peneliti dari LIPI, kolumnis dan pernah menjadi pemimpin Kantor Berita Antara dan Djohan Effendi (Kepala Litbang Departemen Agama).

Baca Juga: Humor Gus Dur: Tukang Becak Madura Banyak Akal dan Cerdik

Hampir sepanjang hari Gus Dur berbincangbincang dengan kedua sahabatnya tersebut. Sobary sempat menjadi moderator ketika berlangsung dialog antara Gus Dur dengan masyarakat seusai shalat Jumat di Masjid Baiturrahim (Masjid Istana Kepresidenan).

Sobary lantas mengulang cerita Gus Dur tentang hal lucu yang terjadi di sekitar Gus Dur selama masa istirahat. Sebelum Sholat Jumat, Gus Dur dari ruang kerjanya menelepon Menteri Agama di kantornya. Kebetulan yang mengangkat telepon di kantor Menteri Agama adalah seorang staf menteri.

Berikut dialognya:

Gus Dur: Hallo, saya mau bicara dengan Menteri Agama

Staf Departemen Agama: Ini siapa?

Gus Dur: Saya Abdurrahman Wahid

Staf Departemen Agama: Abdurrahman Wahid siapa?

Gus Dur: Presiden...

Baca Juga:  Humor Gus Dur: Disuntik seperti Digigit Buaya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini