Soal Vaksinasi Booster Jamaah Umrah dan Haji, Kemenag Akan Gandeng Kemenkes

Novie Fauziah, Okezone · Senin 18 Oktober 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 337 2488065 soal-vaksinasi-booster-jamaah-umrah-dan-haji-kemenag-akan-gandeng-kemenkes-ZWomApaa6Z.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (PHU Kemenag), Hilman Latief mengatakan, telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait perkembangan vaksinasi bagi jamaah umrah, kemungkinan peruntukan vaksinasi booster bagi jemaah umrah, dan pembukaan akses data sertifikat vaksin.

"Terkait dengan permasalahan vaksinasi booster, saat ini Kemenkes sedang melakukan negosiasi intensif dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi agar vaksinasi sinovac dapat diterima tanpa menggunakan vaksinasi booster," terangnya.

Sementara saat ini, kata Hilman, kebijakan Kementerian Kesehatan adalah vaksin booster hanya diberikan kepada para tenaga kesehatan.

Lebih lanjut, nantinya akan dibentuk Tim Manajemen Krisis Haji dan Umrah tahun 1443 H. Tim ini terdiri atas perwakilan dari Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Perhubungan.

Tim tersebut dibentuk dalam rangka menyiapkan rencana skema dan solusi bagi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah 1443H.

Selanjutnya, mengirimkan surat edaran ke seluruh Penyelenggara Perjalanan ibadah Umrah (PPIU) untuk melaporkan update data jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya yang telah divaksinasi dan siap berangkat.

"Selain itu, update data jamaah yang melakukan pembatalan atau penarikan dana perjalanan ibadah umrah masing-masing PPIU," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini