11 Siswa MTs Tewas Tenggelam, Kemenag Minta Kegiatan Susur Sungai Dievaluasi

Hasan Kurniawan, Okezone · Jum'at 15 Oktober 2021 23:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 337 2487123 11-siswa-mts-tewas-tenggelam-kemenag-minta-kegiatan-susur-sungai-dievaluasi-vbcljEIAsQ.jpeg Petugas evakuasi siswa MTs yang terbawa arus saat susur sungai. (Basarnas Bandung)

JAKARTA - Puluhan siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat, tenggelam saat susur Sungai Cileueur. Sebanyak 11 orang ditemukan meninggal dan 10 lainnya berhasil diselamatkan.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani mengatakan, pihaknya menyampaikan duka mendalam atas kejadian ini. Ia pun minta kegiatan serupa ke depannya untuk dievaluasi dan ditiadakan.

"Kami sampaikan duka mendalam. Semoga keluarga para siswa tetap tabah dan sabar. Para siswa meninggal saat ikut proses pendidikan. Insya Allah mereka syahid," katanya, dalam siaran tertulis, Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, evaluasi dilakukan secara menyeluruh pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler madrasah, khususnya giat yang memiliki potensi risiko tinggi terhadap kematian.

"Keamanan dan keselamatan dalam kegiatan pembinaan madrasah harus menjadi perhatian dan prioritas utama. Giat yang berisiko tinggi harus benar-benar memperhatikan aspek keselamatan. Ini akan kita evaluasi," ujarnya.

Baca Juga : Kronologi Puluhan Siswa MTs Tenggelam saat Susur Sungai di Ciamis

Pihaknya pun sudah meminta Kabid Madrasah Kanwil Jabar untuk segera melakukan evaluasi.

Sebelumnya, sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru tewas akibat terseret arus dan tenggelam di Sungai Cileueur, Leuwiili, Dusun Wetan, Desa Utama Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021). Peristiwa tragis itu terjadi saat 150 siswa MTs melakukan kegiatan susur sungai.

"Berdasarkan laporan yang diterima Sebanyak 150 orang siswa dan siswi MTs Harapan Baru Ciamis melakukan kegiatan susur sungai atau bersih-bersih sungai. Tiba-tiba beberapa orang siswa tenggelam di lokasi Leuwiili," kata Kepala Badan Search and Rescue (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah.

Ia mengatakan, total korban yang terseret arus sungai 21 orang. Dari hasil operasi SAR yang dilakukan tim gabung, telah 11 korban meninggal berhasil dievakuasi. Sebanyak 10 orang lain berhasil diselamat.

"Korban korban selamat yang dirawat di RSUD Ciamis yakni Yama dan Fasa. Sedangkan delapan korban selamat lainnya belum diketahui identitasnya," tutur Deden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini