5 Fakta Bos Aktual TV Ditangkap, Penghasilan Fantastis dari Konten Hoaks

Mohammad Adrianto S, Okezone · Jum'at 15 Oktober 2021 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 337 2487054 5-fakta-bos-aktual-tv-ditangkap-penghasilan-fantastis-dari-konten-hoaks-KxDySwhVY5.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Seorang direktur TV swasta di daerah Bondowoso, Jawa Timur, menjadi tersangka dalam penyebaran hoaks dan resmi ditangkap oleh pihak kepolisian pada Kamis (14/10/2021).

Sejumlah fakta mengenai penangkapan sudah kami rangkum sebagai berikut: 

1. Bekerja di Aktual TV 

Direktur TV swasta itu ditangkap di wilayah Jawa Timur yakni Bondowoso. Pelaku diketahui bekerja di Aktual TV.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, tiga orang tersangka yang telah ditangkap adalah AZ, M dan AF pada bulan Agustus 2021.

Tersangka AZ merupakan pemilik channel TV yang menyortir konten yang ada di Aktual TV, kemudian tersangka kedua M mengedit, mengupload. Kemudian, tersangka AF pengisi suara di konten yang ada di kanal YouTube Aktual TV

2. Mengganggu Sinergitas TNI-Polri

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Hariyanto Setyo mengungkapkan bahwa konten yang disebarkan oleh pelaku dianggap mengganggu sinergitas TNI - Polri. 

“Kontennya mengganggu sinergitas TNI-Polri,” kata Setyo saat ditanya wartawan.

Baca juga: 

3. Buat 765 Konten 

Tiga orang tersangka pengelola akun kanal YouTube Aktual TV ditangkap kasus penyebaran berita bohong yang melanggar Undang-Undang Informasi Transaksi dan Elektronik. Ada 765 konten yang menimbulkan konflik.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, dari hasil patroli siber polisi akun YouTube Aktual TV yang mengancam kericuhan. Polisi menyebut akun para tersangka mengadu domba untuk mencari keuntungan.

"Ada sebanyak 765 konten yang dapat menimbulkan keonaran," kata Hengki di Polda Metro Jaya, Jumat (16/10/2021).

4. Raup Keuntungan Fantastis

Pengelola YouTube Aktual TV mengisi konten hoaks untuk mencari keuntungan. Diperkirakan hasil akun YouTube tersebut mencapai Rp2 miliar.

"1,8-2 miliar. Ini adalah adu domba di era modern," jelasnya. 

5. Rumah Pelaku Sepi

Kantor dan rumah Direktur TV yang ditangkap polisi di Bondowoso, Jawa Timur tampak sepi. Pihak Polres Bondowoso memastikan Aktual TV yang terjerat kasus ITE berupa Sara dan berita hoax di Polres Metro Jakarta Pusat adalah warga Bondowoso. 

Selain pemilik akun berinisial AZ, juga ikut dibawa beberapa rekan pelaku yang memiliki andil dalam pembuatan video. Sementara itu kantor produksi konten dan rumah sang direktur sepi.

Pelaku yakni warga Bondowoso berinisial AZ. Dari data yang dihimpun, AZ adalah warga Grujugan Lor Kecamatan Jambesari, Bondowoso. Sehari-hari A bekerja sebagai Direktur TV Swasta lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini