Deretan Peristiwa Pengemudi Arogan Halangi Ambulans, Nomor 3 Bikin Heboh

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 16 Oktober 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 337 2487019 deretan-peristiwa-pengemudi-arogan-halangi-ambulans-nomor-3-bikin-heboh-dNCrWwGy67.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ambulans merupakan bagian dari pertolongan utama yang dibutuhkan oleh pasien kritis agar dapat segera mendapa pertolongan yang dibutuhkan. Ambulans merupakan salah satu kendaraan yang mendapat prioritas utama di jalan raya, seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Namun, terkadang ada pengguna jalan yang acuh terhadap aturan ini dan bertindak arogan terhadap ambulans.

Berikut deretan peristiwa pengemudi arogan ke ambulans:

1. Pemotor Ludahi Rombongan Ambulans

Sebuah video yang beredar di media social menunjukkan tingkah arogan pengguna jalan pada ambulans. Dalam video, seorang pengendara motor cekcok dengan relawan yang memandu jalan bagi ambulans. Kejadian ini terjadi di Jalan KH Dewantara, Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (13/10/2021).

Relawan yang berinisial MI mengatakan bahwa dirinya dihadang oleh seorang pengendara motor yang marah-marah. Pelaku kemudian memukul motor milik korban dan meludahinya, menganggap rombongan ambulans tersebut arogan karena melakukan pengawalan. Video yang beredar diambil oleh keluarga pasien yang berada dalam mobil ketika peristiwa itu berlangsung.

Baca juga: 5 Kasus Ambulans Dihalangi di Jalan, Akibatkan Bayi Meninggal hingga Diajak Balapan

2. Angkot Masuk Jalur Busway Halangi Ambulans

Mobil angkot trayek 32 tujuan Kampung Melayu-Klender terlihat menghalangi laju ambulans pada Rabu (1/9/2021). Hal ini terlihat dari sebuah video yang diunggah seorang pengguna media sosial. Sebuah mobil angkot tampak masuk ke jalur busway, membelakangi ambulan yang terlebih dahulu melintasi jalur itu.

Meskipun sudah memberikan sirene dan klakson, angkot tersebut tetap tidak mau keluar dari jalur. Bahkan mobil ini sempat berhenti dan menunrunkan penumpang. Hal ini tentu menghambat laju ambulans yang sedang membawa pasian ke RSCM, Jakarta Pusat.

Baca juga: Viral! Tak Terima Dihalangi, Pemotor Arogan Ludahi Relawan Pengawal Ambulans

3. Pemotor Halangi Ambulans Bawa Bayi Kritis

Ambulans yang membawapasien seorang bayi kritis pada Kamis (12/8/2021) dihalangi oleh seorang pengendara motor yang diduga aparat. Hal ini terjadi di Jalan Otista, Jaktim. Sopir ambulans tersebut menerangkan bahwa ketika akan membawa pasien ke rumah sakit, mobi ltidak sengaja menyenggol seorang pengendara motor. Pelaku marah dan mengejar ambulans tersebut.

Beberapa kali juga pelaku memotong dan menghalangi laju ambulans. Ia juga memukul kaca ambulans dengan kencang. Untungnya, sang sopir masih bisa menahan emosi dan melanjutkan perjalanan ke rumah sakit. Namun, bayi yang saat itu dalam kondisi kritis ternyata tidak bisa diselamatkan.

Baca juga: Viral Mobil Ambulans Dipakai untuk Menyerang Warga

4. Mobil Halangi Ambulans Bawa Pasien Persalinan

Sebuah mobil pribadi terlihat menghalangi laju ambulans dalam sebuah video yang diunggah ke sosial media. Peristiwa ini terjadi di Jalan Raya Pemda Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Dalam video tersebut, tampak pengendara mobil pribadi dengan sengaja menutup jalan ambulans. Padahal, ambulans tersebut sudah menyalakan sirene agar mobil tersebut segera membuka jalan. Saat kejadian, ambulans sedang membawa seorang pasien persalinan berdarah menuju RS Permata Hati, Tangerang. Pihak kepolisia ndengat cepat bertindak untuk menemui pengemudi kendaraan pribadi tersebut.

Baca juga: Lagi, Ambulans Membawa Pasien Dihalangi Mobil Pribadi di Kramat Jati

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini