Presiden Jokowi Pimpin Rapat Internal Pemberantasan Pinjol Ilegal yang Mencekik Rakyat

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 15 Oktober 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 337 2486918 presiden-jokowi-pimpin-rapat-internal-pemberantasan-pinjol-ilegal-yang-mencekik-rakyat-xCfbIODoFI.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat internal tentang pemberantasan pinjaman online (pinjol) ilegal yang semakin meresahkan masyarakat.

Rapat internal tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/10/2021). Rapat ini turut dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. 

Kemudian, hadir pula Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso.

"Tadi dalam rapat internal bersama bapak Presiden dibahas, dibicarakan secara khusus terkait dengan tata kelola pinjaman online," ucap Menkominfo Johnny G. Plate di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Menurut Johnny, Presiden Jokowi ingin tata kelola pinjol betul-betul diperhatikan, mengingat ada lebih dari 68 juta masyarakat Indonesia yang telah memiliki akun financial technology (fintech) ini. Sementara itu perputaran omset pinjol mencapai Rp260 triliun.

Baca juga: 3 Orang Jadi Tersangka Pinjol Ilegal, Pelaku Teror Korban Pakai Foto Pornografi

Kendati demikian, Johnny mengungkap bahwa Presiden melihat ada masalah, di mana ada pinjol 'mencekik' masyarakat dengan bunga tinggi dan melakukan penagihan dengan cara tidak patut.

Karenanya, Kepala Negara ingin pinjol ilegal ditindak tegas. "Mengingat banyak sekali penyalahgunaan atau tindak pidana di dalam ruang pinjaman online maka Bapak Presiden memberikan arahan yang sangat tegas tadi," ungkap politikus NasDem itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti pinjol ilegal yang mencekik rakyat dengan bunga tinggi. Tak hanya itu, pola penagihan kepada konsumen juga kerap dilakukan dengan tidak patut, misalnya diancam hingga disebarkan data pribadinya.

Akhirnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan anak buahnya untuk memberantas aktivitas pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini