Kembali Buka Rekrutmen, Ini Keuntungan dan Fasilitas Menjadi Komcad

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 15 Oktober 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 337 2486690 kembali-buka-rekrutmen-ini-keuntungan-dan-fasilitas-menjadi-komcad-bNY6sMFHj5.jpg Komcad/ Setpres

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan membuka kembali anggota Komponen Cadangan (Komcad) pada tahun 2022.

(Baca juga: Jokowi: Komcad Harus Siap jika Negara dalam Keadaan Perang!)

Melalui laman resminya, pada tahun depan program Komcad akan kembali dibuka yang terdiri dari 3 matra, darat, laut, dan udara.

Namun, untuk jumlah pastinya, Kemhan tidak menjabarkan detail. Menurut Kemhan, hal itu akan ditelaah terlebih dulu sesuai dengan kebutuhan dan keuangan negara.

(Baca juga: Menhan Prabowo Angkat Deddy Corbuzier Jadi Duta Komcad)

"Pada Tahun 2022 direncanakan akan dilakukan rekrutmen anggota Komcad yang terdiri matra darat, matra laut, dan matra udara sesuai kebutuhan masing-masing serta sesuai kemampuan keuangan negara," tulis Kemhan, Jumat (15/10/2021).

Lebih jauh dipaparkan, pada awalnya, pemerintah berencana membuat sebanyak 100 batalyon Komcad. Akan tetapi, lantaran pandemi Covid-19, rencana itu mengalami perubahan.

"Awalnya pemerintah memang berencana membentuk 100 batalyon Komcad. Namun rencana tersebut mengalami perubahan mengingat kondisi keuangan negara akibat Covid-19," tulisnya.

Kemhan memaparkan, rekrutmen Komcad dibuka untuk warga negara Indonesia usia 18-35 tahun secara sukarela dengan berbagai macam latar belakang. Namun, setelah mendaftar harus lulus seleksi ketat yang dilaksanakan oleh TNI.

Pendaftar yang lulus seleksi akan menjalani pelatihan selama 3 bulan di pusat pelatihan militer milik TNI AD, AL dan AU. Selama masa pelatihan, bila calon anggota Komcad berprofesi sebagai ASN atau karyawan swasta, tetap mendapatkan haknya dari instansi tempatnya bekerja.

"Bila anggota Komcad tersebut adalah mahasiswa maka mereka tetap memperoleh hak mereka sebagai mahasiswa," imbuhnya.

Selain itu, kata Kemhan, negara juga akan memberikan uang saku, jaminan asuransi dan kebutuhan lainya selama pelatihan berlangsung.

Kemhan menuturkan, Komcad merupakan salah satu program yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara. Dimnaa, anggota Komcad memiliki sejumlah hak dan kewajiban.

.

Sedikitnya terdapat 7 poin kewajiban daripada anggota Komcad termaktub dalam Pasal 41 UU tersebut. Berikut rinciannya:

a. Setia dan taat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

b. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

c. Menaati ketentuan peraturan perundang-undangan.

d. Melaksanakan tugas dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab.

e. Menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan, dan tindakan kepada setiap orang.

f. Mengikuti pelatihan penyegaran.

g. Memenuhi panggilan mobilisasi.

Di Pasal 42 disebutkan anggota Komcad juga memiliki hak. Sedikitnya ada 5 hak, berikut rinciannya:

a. Uang saku selama menjalani pelatihan.

b. Tunjangan operasi pada saat Mobilisasi.

c. Rawatan kesehatan.

d. Pelindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

e. Penghargaan.

Lebih jauh dikatakan Kemhan, Komcad berbeda dengan wajib militer, sebab program tersebut bersifat sukarela dan tanpa paksaan. Nantinya, selepas menjalani pelatihan akan kembali dengan status sipil dan sesuai profesinya masing-masing.

"Berbeda dengan wajib militer. Mereka yang dipanggil dalam program wajib militer setelah dididik dan dilatih mendapat penugasan sebagai anggota militer dalam kurun waktu tertentu, misalnya setahun atau dua tahun. Mereka berstatus sebagai anggota militer aktif selama masa dinas wajib militer tersebut," jelasnya.

"Setelah itu, mereka bisa memilih untuk kembali kepada profesi masing-masing sebagai warga sipil atau melanjutkan berdinas di militer," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini