Perjuangan Museum di Tengah Pandemi Covid-19

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 337 2486549 perjuangan-museum-di-tengah-pandemi-covid-19-xlUEOdSliS.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Politikus Partai Demokrat sekaligus Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI), Putu Supadma Rudana mengingatkan kepada generasi muda agar tidak lupa dengan sejarah bangsanya. Sejarah Indonesia bisa dipelajari dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan melestarikan serta mengunjungi museum di Indonesia.

Demikian diungkapkan Putu Supadma saat memperingati Hari Museum Indonesia yang digelar di Yogyakarta dengan tema 'Bersama Museum Membangun Ketangguhan Bangsa'. Puncak peringatan ini disiarkan lewat akun Youtube Barahmus DIY dan AMI (Asosiasi Museum Indonesia).

"Kini museum menghadirkan dan menceritakan kembali semua kisah agar generasi muda mengetahui sejarah bangsanya," kata Supadma Rudana melalui keterangan resminya, Kamis (14/10/2021).

Anggota Komisi VI DPR RI tersebut mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir, museum di Indonesia telah memperlihatkan ketangguhannya dslam melawan dampak pandemi. Museum merespon masa sulit penuh ketidakpastian sebagai sebuah tantangan dengan cara berbeda.

Selain itu, penggiat seni asal Ubud Gianyar ini juga menerangkan bahwa museum saat ini sedang melakukan berbagai inovasi dan pengemasan ulang program serta layanannya. Salah satunya, dengan pemanfaatan tekhnologi digital.

"Museum memanfaatkan teknologi informasi agar selalu dekat dan mudah diakses masyarakat secara digital untuk mengobati kerinduan para pengunjung, penikmat seni dan penggiat museum," terangnya

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) ini memandang bahwa museum juga menyajikan identitas melalui presentasi warisan, mempromosikan pluralitas dan keragaman identitas.

Secara khusus, kata dia, museum menceritakan keragaman bangsa, menampilkan identitas etnis kelompok maupun personal, mengajarkan, mempelajari, dan mendalami budaya lain untuk menghindari konflik demi menjaga persatuan kesatuan bangsa.

"Melalui pameran dan program kegiatan, museum dapat memberikan banyak inspirasi menghubungkan masa kini dengan masa lalu sebagai ruang refleksi yang memberikan pandangan untuk masa depan. Museum juga dapat merubah cara berpikir dan berperilaku seseorang," ungkapnya.

Di masa pandemi Covid-19, lanjut Supadma, museum bahkan memperkuat sensibiltas sosial berkontribusi terhadap perubahan sosial yang lebih baik dengan mengangkat isu yang relevan dengan masa kini. Baik multikulturarisme, perempuan, lingkungan dan kesehatan sehingga dalam konteks yang luas museum berperan membangun ketangguhan bangsa.

Guna memaksimalkan kemajuan museum secara nasional telah dicapai dengan bahu-membahu saling bergandengan tangan bergotong royong dalam satu tujuan bersama baik pemerintah, komunitas dan dukungan pihak swasta agar museum dapat lebih maju dan terasa kehadirannya ditengah - tengah masyarakat.

"Perayaan Hari Museum Indonesia adalah perayaan seluruh rakyat Indonesia, semoga museum terus tumbuh dan semakin tangguh dalam menggapai cita-cita bangsa. Salam museum di hatiku," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini