Mengenal Marsma dr. Mukti Arja Berlian yang Ditunjuk Panglima TNI Jadi Kepala RS Pusat TNI AU

Tim Okezone, Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 337 2485973 mengenal-marsma-dr-mukti-arja-berlian-yang-ditunjuk-panglima-tni-jadi-kepala-rs-pusat-tni-au-IaZnQtdKEC.jpeg Panglima TNI saat upacara kenaikan pangkat. (Foto: Dok Puspen TNI)

YOGYAKARTA - Kenaikan pangkat bagi Prajurit TNI merupakan suatu bentuk apresiasi atas kinerja yang dilaksanakan selama ini dan juga merupakan bagian dari pembinaan personel yang dilaksanakan secara rutin dan terencana. Kenaikan pangkat merupakan salah satu wujud penghargaan negara yang diberikan atas prestasi, dedikasi, dan loyalitas yang telah ditunjukkan sepanjang pengabdiannya sebagai Prajurit TNI. 

Rabu 13 Oktober 2021, setelah beberapa hari lalu Kepala Rumah Sakit Pusat TNI AU (Ka Ruspau) diserahterimakan, Marsekal Pertama TNI dr. Mukti Arja Berlian, Sp.Pd., Sp.Kp., mendapatkan anugerah kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi (sebelumnya berpangkat Kolonel) yang dilaksanakan dalam Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi TNI dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Harus disadari bahwa kenaikan pangkat sebagai wujud penghargaan tersebut tentunya melahirkan tuntutan dan konsekuensi yang lebih, seiring dengan bertambahnya pangkat/golongan.

Marsekal Pertama TNI dr. Mukti Arja Berlian merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Universitas Brawijaya Malang dan kemudian mengikuti Pendidikan Militer Perwira Prajurit Karier di Akademi Militer Magelang, lulus pada Tahun 1995. Kemudian melanjutkan pendidikan Spesialis Penyakit Dalam di Universitas Airlangga Surabaya.

Baca juga: Kolonel Mukti Arja Berlian Resmi Jadi Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito

Dr. Mukti Arja Berlian mengawali langkah penugasan pertamanya sebagai Kepala RS Lanud Ambon dan sempat menjadi Kepala Kesehatan Skadron Udara 3/F16 di Lanud Iswahjudi Madiun. Beberapa jabatan bergengsi dibidangnya pernah disandang di antaranya Kepala RS TNI AU di surabaya, kemudian RSAU di Lanud Atang Senjaya Bogor. 

Kinerja yang baik disertai ketekunan dan kepedulian pada lingkungan membawa Marsekal Pertama TNI dr. Mukti Arja Berlian, Sp.Pd., Sp.Kp., dipercaya oleh pimpinan untuk menjadi Karumkit dr. Esnawan Antariksa Halim Jakarta serta berhasil meraih Predikat RS TNI Tingkat II terbaik pada November 2019 silam, hingga saat ini beliau dipercaya menjadi Kepala RSPAU hardjolukito.

"Kenaikan pangkat dan golongan ini sudah sepatut saya syukuri serta saya jadikan sebagai momentum untuk lebih mawas diri sekaligus disikapi dengan memperteguh komitmen dan tekad untuk meningkatkan kualitas kinerja guna melanjutkan pengabdian saya,” ujar dr. Mukti.

Kenaikan pangkat bagi seorang Prajurit TNI bukanlah merupakan hal yang otomatis datang, karena untuk meraihnya harus melalui proses dan benar-benar diberikan secara obyektif, layak dan terukur berdasarkan prestasi yang tunjukkan.

"Untuk itu, sesuai bidang saya saat ini selaku Ka RSPAU, saya akan memberikan pengabdian terbaik saya dalam bidang kesehatan baik keluarga besar TNI maupun masyarakat Yogyakarta," Tegas Ka RSPAU yang selalu berinovasi dalam setiap penugasannya.

Kita tunggu kiprah selanjutnya untuk dapat memajukan dan menyehatkan Keluarga besar TNI dan warga Yogyakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini