Panglima dan Kapolri Lepas 183 Ribu Bantuan Paket Sembako di Mabes TNI Cilangkap

Riezky Maulana, iNews · Rabu 13 Oktober 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 337 2485710 panglima-dan-kapolri-lepas-183-ribu-bantuan-paket-sembako-di-mabes-tni-cilangkap-DcOAMRqXxQ.jpg Panglima TNI dan Kapolri lepas sembako untuk warga terdampak Covid-19 (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo secara simbolis melepas bantuan sosial (bansos) sebanyak 163 ribu paket sembako di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/10/2021).

Nantinya, sembako itu akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam pelepasan, turut hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj.

Penasehat Altar'89 Letjen TNI Eko Margiyono yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI menyebut, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati tercapainya usia 33 Tahun pengabdian Alumni Akabri 89 atau Altar'89 kepada bangsa dan negara.

"Kami laporkan kegiatan baksos dan pembagian sembako sudah terkumpul 183 ribu lebih paket yang akan kita bagikan hampir ke seluruh wilayah Indonesia," tutur Eko di lokasi, Rabu (13/10/2021).

Dia menuturkan, akibat Covid-19 terjadi dampak hebat terhadap sendi-sendi kehidupan, utamanya golongan menengah ke bawah. Menurut dia, bila tak ditangani secara cepat dan tepat maka akan membawa dampak negatif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Panglima TNI Resmikan Markas Kogabwilhan dan Monumen Tri Matra

"Oleh karena itu dengan dilandasi soliditas dan sinergitas TNI-Polri dan juga sebagai wujud tugas dan tanggung jawab serta kepedulian sosial alumni Akabri 89 mengambil langkah nyata dan berperan aktif dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasiona," ujarnya.

Baca juga: Bertemu Jelang Pergantian Panglima TNI, Ini yang Dibahas Mensesneg dan Jenderal Andika

Tak hanya pembagian sembako, Akabri 89 jelas Eko, juga membantu pelaksanaan serbuan vaksinasi nasional. Dia memaparkan, sampai dengan saat ini, jumlah masyarakat yang telah divaksin berdasarkan inisiasi Altar'89 sudah mencapai 25 ribu orang.

"Sedangkan kegiatan vaksinasinya sudah 25 ribu. Sehingga sudah cukup bagi kami untuk sekarang ini untuk bisa melakukan. Meskipun tidak berhenti di sini kami akan terus bekerja untuk membantu masyarakat," katanya.

Eko juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI, Kapolri, Ketua MPR, dan Ketum PBNU yang telah menyempatkan diri untuk melepas bantuan tersebut. Panglima TNI dan Kapolri juga menyapa Altar’89 yang berada di seluruh wilayah Indonesia secara virtual.

Baca juga: Isu Pencalonan Panglima TNI Dibarengi Reshuffle Kabinet, Ini Tanggapan PPP

Baik Hadi maupun Listyo menanyakan target pelaksanaan penanganan Covid-19 dan proses pembagian sembako di 16 wilayah tugas. Di antaranya, Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darusallam, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, wilayah Bali, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo Maluku Utara dan wilayah Biak Papua.

Baca juga: PDIP Beri "Kode" Surpres Calon Panglima TNI Dikirim ke DPR Awal November

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini