Negara ASEAN Alami Lonjakan Kasus Makin Parah, Satgas Covid-19: Waspada!

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 13 Oktober 2021 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 337 2485513 negara-asean-alami-lonjakan-kasus-makin-parah-satgas-covid-19-waspada-P0xOJk8y7j.jpg Negara ASEAN alami lonjakan kasus/ okezone

JAKARTA - Masyarakat diminta agar tetap waspada terhadap potensi lonjakan kasus Covid-19. Meskipun saat ini pandemi di Tanah Air mulai terkendali.

(Baca juga: Satgas Prokes PON Papua Bagikan Ribuan Masker ke Sekolah dan Tempat Ibadah)

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny B. Harmadi mengatakan, di negara-negara tetangga seperti di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, juga Australia sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi.

(Baca juga: Satgas Prokes PON Papua Dukung PTM Bebas Covid-19 di Mimika)

“Kita lihat negara-negara tetangga kita juga masih mengalami tingkat kasus yang tinggi seperti di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, juga Australia. Jadi ini tetap menjadi sebuah berita bagus tetapi disisi lain kita harus tetap waspada jangan sampai terjadi gelombang ke-3 atau lonjakan kasus seperti kemarin,” kata Sonny dalam dialog secara virtual, Rabu (13/10/2021).

Sonny melanjutkan, angka kasus aktif Covid-19 saat ini sudah menurun sekitar 95,74% dari puncak pada Juli lalu. Bahkan, penurunan kasus ini konsisten selama 11 Minggu.

“Pada pekan terakhir malah terjadi penurunan kasus aktif sekitar 8.446 dan jumlah kasus aktifnya secara persentase sudah turun dari puncaknya itu sekitar 95,74%. Jadi sangat rendah,” katanya.

Meski begitu, Sonny meminta agar tetap waspada karena saat ini masih dalam masa pandemi. Dan status pandemi Covid-19 oleh World Health Organization (WHO) belum dicabut. “Namun ya, kita harus sangat waspada karena bagaimanapun juga kita masih dalam berada dalam masa pandemi dan juga ada risiko penularan ya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini