Kloter Pertama Umrah November, Ini Kata Kemenag dan Amphuri

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 13 Oktober 2021 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 337 2485473 kloter-pertama-umrah-november-ini-kata-kemenag-dan-amphuri-6UB8XHtiuM.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

JAKARTA - Beredar informasi yang menyatakan bahwa kloter pertama calon jamaah umrah dari Indonesia akan tiba di Jeddah, Saudi Arabia pada 5 November 2021 mendatang.

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah (Amphuri) Firman mengungkapkan bahwa tidak ada kepastian tanggal pemberangkatan jamaah umrah dan hanya sebatas pembicaraan. Namun, ia mengungkapkan bahwa apabila benar hal itu kabar baik bagi para calon jamaah umrah.

"Intinya pembicaraan konsul jenderal, tidak ada kepastian juga artinya diperkirakan baru di awal November," tutur Firman saat dihubungi MNC Portal, Selasa (12/10/2021).

"Saya tidak tahu sumbernya yang jelas saya tidak mendapat sumber begitu. Jadi kami tidak dapatkan sumber yang lain jadi kalau beliau selaku konsul punya akses saya gak tau saya nggak bisa mendalam tidak dalam kapasitas menolak atau membantah karena Amphuri bahkan kalau memang itu benar kabar baik ada kepastian tanggal," tambahnya.

Sementara itu, secara terpisah Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief menyebut belum menerima keterangan resmi kapan jamaah umrah bisa bertolak ke Saudi Arabia.

Baca juga: Rombongan Jamaah Umrah Indonesia Pertama Dijadwalkan Tiba di Tanah Suci 5 November

"Belum ada keterangan tanggal dari Kemenag maupun Saudi. Panduan teknisnya juga masih belum dikeluarkan," ucap Hilman saat dihubungi MNC Portal.

Hilman pun menegaskan bahwa pihaknya belum mendapat informasi resmi tentang kepan jamaah umrah bisa melaksanakan ibadah ke Tanah Suci.

"Ya Saudi belum memberikan informasi detail yang resmi," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes Akan Siapkan Vaksin Booster untuk Calon Jamaah Umrah

Diberitakan sebelumnya, Menteri Luar (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan Kerajaan Arab Saudi sudah membuka kembali ibadah umrah untuk jamaah Indonesia. Pemerintah Arab Saudi sedang bekerja untuk meminimalisir hambatan yang kemungkinan menghalangi ibadah Umrah bagi jamaah Indonesia.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak kompeten dari pemerintahan Saudi Arabia perihal pengaturan kembali pelaksanaan Umrah bagi jamaah Indonesia,” kata Retno Marsudi kepada wartawan, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Umrah Diizinkan, AMPHURI Harap Jamaah Tak Perlu Karantina dan Vaksin Ulang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini