Peristiwa 13 Oktober: Jatuhnya Pesawat di Papua Nugini hingga No Bra Day

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 13 Oktober 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 337 2485411 peristiwa-13-oktober-jatuhnya-pesawat-di-papua-nugini-hingga-no-bra-day-COvsDD30la.jpg Foto: istimewa

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 13 Oktober tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah kelahiran eks Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 13 Oktober dari Wikipedia, antara lain:

1. Kelahiran Margaret Thatcher

Margaret Hilda Thatcher, Baroness Thatcher, lahir 13 Oktober 1925 dan meninggal dunia 8 April 2013. Ia adalah seorang politikus Britania Raya, Perdana Menteri Britania Raya dengan masa jabatan terlama sepanjang abad ke-20 1979–1990.

Jurnalis Soviet menjulukinya "Wanita Besi" (Iron Lady), istilah yang kemudian dikait-kaitkan dengan politik dan gaya kepemimpinannya. Selaku Perdana Menteri, ia menerapkan kebijakan-kebijakan Konservatif yang kelak disebut sebagai Thatcherisme.

2. Jatuhnya pesawat di Papua Nugini

13 Oktober 2011, jtuhnya pesawat penumpang di Papua Nugini, menyebabkan 28 orang meninggal dunia. Pesawat nahas itu jatuh saat tengah terbang dari Lae menuju wilayah wisata Madang, Papua Nugini.

Pilot dan ko-pilot dari pesawat PNG Dash 8 dipastikan selamat dalam kejadian ini. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (14/10/2011).

3. Galaksi pusaran ditemukan

Galaksi Pusaran juga disebut Messier 51a, M51a, atau NGC 5194 adalah interaksi, galaksi spiral desain utama dengan inti galaksi aktif Seyfert di rasi bintang Canes Venatici.

Baru-baru ini diperkirakan berjarak 23 ± 4 juta tahun cahaya dari Bima Sakti,[3] tetapi metode yang berbeda menghasilkan jarak antara 15 hingga 35 juta tahun cahaya.

Galaksi Pusaran adalah salah satu galaksi paling terkenal di langit.[9] Galaksi Pusaran dan tetangganya (NGC 5195) yang mudah diamati oleh para astronom amatir, dan dua galaksi tersebut bahkan dapat dilihat dengan binokular.

Galaksi Pusaran juga merupakan target populer bagi para astronom profesional, yang mempelajarinya untuk lebih memahami struktur galaksi terutama struktur yang terkait dengan lengan spiral dan interaksi galaksi.

4. Hari tanpa bra

No Bra Day adalah peringatan tahunan pada tanggal 13 Oktober di mana wanita didorong untuk tampil tanpa bra sebagai sarana untuk mendorong kesadaran kanker payudara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini