Indonesia Bakal Bantu Situasi Politik dan Aspek Kemanusiaan di Afghanistan

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 13 Oktober 2021 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 337 2485398 indonesia-bakal-bantu-situasi-politik-dan-aspek-kemanusiaan-di-afghanistan-XVevHvkrgn.jpeg Menlu RI, Retno Marsudi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengungkapkan, bahwa Indonesia bakal membantu situasi politik dan aspek kemanusiaan di Negara Afghanistan.

Hal itu diungkapkan Retno saat melakukan kunjungan bilateral ke Negara Turki dalam agenda pembahasan isu kawasan, Selasa (12/10/2021).

"Terkait Afghanistan, kami garis bawahi kebutuhan dan kepentingan untuk bantu situasi politik dan aspek kemanusiaan di Afghanistan. Kami perlu atau kami sepakat bantu atasi situasi politik dan aspek kemanusiaan di Afghanistan," kata Retno dalam konferensi pers virtual di akun YouTube MoFA Indonesia terkait kunjungan bilateral ke Turki, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Baca juga:  Taliban Sebut AS Setuju Kirim Bantuan ke Afghanistan

Selain Afghanistan, Retno menyebut, Indonesia dan Turki juga akan mendorong penyelesaian permasalahan isu Rohingya di Myanmar.

"Indonesia-Turki adalah negara sangat aktif dorong penyeleseaian isu rohingya krisis politik di Myanmar buat upaya masalah Rohingya menjadi sulit kami miliki keprihatinan yang sama terhadap kriris politik di Myanmar," ujar Retno.

 Baca juga: 5 Fakta Harga Opium Meroket di Afghanistan, Warga Berdalih Tak Punya Pilihan

Menurut Retno, Indonesia dan Turki bakal mencari langkah terbaik untuk menyelesaikan permasalahan di kedua negara tersebut.

"Indonesia dan Turki akan terus komunikasi cara terbaik bagi kedua negara bersama dengan negara sehaluan agar dapat membantu rakyat," ucap Retno.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini