83 Orang Positif Covid di PON Papua, Satgas Sebut Pencegahan Berhasil

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 12 Oktober 2021 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 337 2485358 83-orang-positif-covid-di-pon-papua-satgas-sebut-pencegahan-berhasil-i8vceBPZvB.jpeg Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan ada 83 orang yang terkonfirmasi positif virus corona di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Kendati demikian, Wiku mengklaim sistem pencegahan Covid-19 di arena pesta olahraga itu berhasil karena hanya sebagian kecil saja yang terpapar virus.

"Indonesia cukup mampu, dikatakan berhasil mencegah lonjakan kasus. Buktinya hanya ditemukan 83 kasus terkonfirmasi positif Covid per 11 Oktober dari hampir 10 ribu peserta yang ikut acara PON atau sekitar 0,83 persen," ucapnya, Selasa (12/10/2021). 

Wiku berujar keluhan penyakit yang ada di arena PON adalah empat kasus malaria dan dua kasus diare.

Baca juga: 18 Negara Segera Diperbolehkan Masuk Bali, Begini Syarat Kedatangannya

Indonesia juga secara nasional disebut mampu mempertahankan performa pengendalian Covid-19 yang dibuktikan menjadi negara dengan perolehan nilai recovery indeks tertinggi se-Asia Tenggara.

"Penilaian ini ditinjau dari manajemen pengendalian kasus, vaksinasi dan mobilitas suatu negara. Untuk itu prestasi serta berbagai kekurangan minor selama rangkaian acara (PON) perlu menjadi pembelajaran khususnya untuk penyelenggaraan besar terdekat yakni Superbike Mandalika, dan seterusnya," tutup Wiku.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini