Satgas: Pasien Covid-19 saat PON Jalani Isolasi Sebelum Pulang ke Daerah Asal

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 12 Oktober 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 337 2485278 satgas-pasien-covid-19-saat-pon-jalani-isolasi-sebelum-pulang-ke-daerah-asal-itsYM9jEnS.jpg Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)

JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa setiap orang yang terkonfirmasi Covid-19 akan langsung diisolasi sebelum pulang ke daerah asal. Hal tersebut apabila ditemukan kasus Covid-19 saat berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. 

“Penanganan kasus positif yang ditemukan selama perhelatan PON XX berlangsung akan langsung diisolasi di tempat sebelum diizinkan pulang ke daerah asal,” ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa (12/10/2021).

Wiku mengatakan isolasi tersebut akan dilakukan sampai hasil tes yang bersangkutan menunjukan hasil negatif Covid-19. Lebih lanjut setiap kontingen juga diwajibkan untuk melakukan tes tambahan ketika tiba di lokasi.

Baca juga: Satgas Covid-19 Segera Rilis SE Terkait Rincian Dibukanya Kembali Kedatangan Internasional

“Untuk mencegah peningkatan penularan, sebagai bentuk kehati-hatiaan, setiap kontingen walaupun sudah melakukan tes sebelum perjalanan, tetap wajib melakukan tes ulang dua kali saat tiba di daerah asal,” imbuhnya. 

Nantinya, para kontingen juga diwajibkan mengikuti karantina tambahan sebanyak lima hari. Adapun tempat karantina tersebut akan difasilitasi.

“Diikuti dengan karantina selama lima hari di fasilitas yang telah disediakan Satgas atau Pemerintah Daerah setempat,” tuturnya.

Wiku mengatakan hal tersebut sesuai dengan aturan Adendum Kedua dari Surat Edaran Satgas Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Perjalanan Dalam Negeri. 

“Sebagaimana akan berlaku sampai dengan 31 Oktober mendatang.” tutupnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini