Pro Kontra Pembubaran Densus 88, Siapa Saja yang Angkat Bicara?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 13 Oktober 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 337 2485151 pro-kontra-pembubaran-densus-88-siapa-saja-yang-angkat-bicara-9ammcHVB2X.jpg Foto: ist.

JAKARTA - Detasemen Khusus 88 Anti Teror atau Densus 88 adalah satuan milik Polri yang khusus ditugaskan untuk mencegah, mengatasi dan melibas tindak terorisme di Indonesia.

Baru-baru ini beredar kabar tentang pendapat politikus Fadli Zon yang mengusulkan bahwa Densus 88 dibubarkan. Melalui akun Instagramnya pada 4 Oktober 2021, Fadli Zon mengomentari klaim Densus 88 bahwa Taliban telah menginspirasi para teroris di Indonesia.

BACA JUGA: Munarman Ditangkap Tim Densus 88, Ini Kata Fadli Zon

Menurut Fadli, ungkapan Densus 88 itu sudah tidak akan dipercaya masyarakat lagi. ia juga menyebut bahwa teroris memang sepatutnya diberantas, namun tidak untuk dijadikan komoditas. Sementara itu, di akun Twitternya ia mempertanyakan mengapa Densus 88 tak diturunkan untuk memberantas KKB. Padahal, gerakan itu dikatakan sebagai teroris. Merasa Densus 88 kurang berperan, Fadli menyebut bahwa satuan itu sebaiknya dihapus.

Menanggapi hal tersebut, banyak pendapat yang muncul di publik. Melansir data Tim Litbang MNC Portal Indonesia, ketidaksetujuan datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni.

Sahroni beranggapan, Densus 88 selayaknya tidak dibubarkan karena sangat dibutuhkan untuk memberantas teroris di negeri ini. Berbagai kejadian teror sudah pernah terjadi, dan peran Densus 88 sangat diperlukan.

BACA JUGA: Densus 88 Kembali Tangkap 5 Terduga Teroris, Totalnya Kini 53 Orang

Sementara itu, pihak Polri tidak menghiraukan pandangan pendapat Fadli. Densus 88 akan terus bekerja, meskipun diusulkan untuk bubar.

Selain itu, berbagai tanggapan juga datang dari masyarakat pengguna Twitter dan Instagram. Ada yang beranggapan bahwa usulan itu sama sekali tidak tepat, namun ada juga yang sependapat dengan perkataan mantan wakil ketua DPR RI itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini