Keterisian RS Covid-19 Sudah di Bawah 10%, tetapi Jangan Euforia dan Lengah

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 12 Oktober 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 337 2485112 keterisian-rs-covid-19-sudah-di-bawah-10-tetapi-jangan-euforia-dan-lengah-SqhaWrb1hf.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dr. Lia G. Partakusuma melaporkan saat ini bed occupancy ratio (BOR) Covid-19 di rumah sakit seluruh Indonesia sudah dibawah 10%. Bahkan, pada minggu lalu mencapai 6%.

“Kami saat ini BOR yang ada di rumah sakit itu rata-rata sudah di bawah 10%. Bahkan Minggu lalu itu sekitar 6% hanya bed occupancy ratenya, artinya apa? Berarti seluruh Indonesianya sudah Alhamdulilah ya sudah mengalami penurunan Covid yang cukup bermakna,” ungkap Lia dalam dialog secara virtual, Selasa (12/10/2021).

Namun, Lia meminta agar masyarakat tidak euforia dengan pencapaian ini. Pasalnya, masih ada sejumlah daerah yang memiliki BOR lebih dari 20%. “Tetapi tentu kita tidak bisa euforia, tidak bisa kita lengah karena kalau kami lihat masih ada beberapa daerah ya yang bahkan punya bed occupation rate itu masih lebih dari 20%,” paparnya.

Baca Juga: Wapres: Negara Wajib Menjaga Rakyatnya dari Penularan Covid-19

“Jadi itu daerah-daerahnya memang masih di seperti di Papua ya, kemudian juga kemarin ada di Aceh, Jogja, Bali, NTT. Tapi itu kalau yang di Jogja itu masih di bawah 20%. Tapi itu menunjukkan mungkin apa namanya tempat tidur, jumlah tempat tidur di daerah tersebut memang masih belum maksimal ya,” jelas Lia.

Selain itu, Lia juga mengatakan tetap waspada terhadap angka kematian akibat Covid-19. “Tapi bagaimanapun kami juga tetap memantau angka kematian. Dan angka kematian kita ini naik turun, antara 2%, 3% ya. Kemarin juga kami lihat di bulan Oktober kok jadi 3,38%. Padahal di bulan Juli kita cuma 2,66%.”

“Jadi artinya walaupun kita dari segi angka, bahwa dari segi angka kelihatan penurunan tapi kami juga tetap di rumah sakit itu punya kewaspadaan yang tinggi,” papar Lia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini