Tetap Waspada Covid-19, Jangan Sampai Ada Lonjakan seperti Negara Tetangga

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 12 Oktober 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 337 2485101 tetap-waspada-covid-19-jangan-sampai-ada-lonjakan-seperti-negara-tetangga-DPJRz0K4cF.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, dr. Alexander K. Ginting menegaskan agar tetap waspada terhadap potensi lonjakan kasus Covid-19, seperti halnya negara tetangga Singapura juga Malaysia.

“Kita lihat negara tetangga, negara tetangga kita sudah infrastrukturnya, vaksinasinya sudah bagus masih terjadi lonjakan, rumah sakit yang penuh. Ini jangan kita ulangi,” ujar Alex dalam dialog secara virtual, Selasa (12/10/2021).

Karena itu, Alex pun menegaskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan terus diberlakukan sampai dengan status pandemi Covid-19 telah dicabut oleh World Health Organization (WHO).

“Ini menjadi tanggung jawab bersama, tanggung jawab masyarakat yang penting adalah protokol kesehatan bagian dari kehidupan kita. Dan vaksinasi sudah kita laksanakan baik yang sekali maupun yang dua kali harus terus bisa menyelenggarakan koordinasi tersebut sampai nanti kita melihat pandemi ini sudah dicabut,” kata Alex.

Apalagi, dari berbagai laporan dari Kementerian Kesehatan, juga dari Satgas Covid-19 nasional dan juga dari data provinsi di Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali bahwa angka kasus positif sudah sangat jauh menurun.

Baca Juga : PPKM Tidak Boleh Berhenti Kendati Positivity Rate Sudah di Bawah 5%

Kemudian, Alex mengatakan angka Bed Occupancy Ratio (BOR) di Rumah Sakit juga sudah sampai dibawah 10%. “Dan juga kita bisa lihat angka kematian secara total di per hari itu hanya di bawah 60-an. Dan kemudian kita juga melihat bahwa positivity rate itu sudah di bawah 2%, ada yang 1,6% dan 1,4%.”

“Dan kini saatnya kita agar tetap melaksanakan PPKM, tapi PPKM itu juga harus bisa mengendalikan mobilitas. PPKM juga harus bisa mengendalikan pelaksanaan 3M, 3T dan juga vaksinasi,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini