Heboh Makam Misterius di Jalur Kawah Ijen, Simak 4 Faktanya

Vilda Rizky Ananda, Okezone · Senin 11 Oktober 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 337 2484646 heboh-makam-misterius-di-jalur-kawah-ijen-simak-4-faktanya-h3tGWCTBRV.jpg Makam misterius muncul di jalur Kawah Ijen. (Foto: Amirul Ahmad)

BANYUWANGIMakam misterius muncul di jalur kawasan Wisata Kawah Ijen, menggemparkan pengendara yang melintas. Eksistensi makam tersebut baru diketahui setelah ada pembangunan perluasan jalan menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen sisi Banyuwangi.

Berikut sejumlah fakta terkait makam misterius:

1. Lokasi Makam Misterius

Makam ini berlokasi di jalan munuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang berada di sisi kiri jalan dari arah Banyuwangi, Jawa Timur. Makam tersebut muncul di pinggir jalan, tidak jauh dengan aliran sungai Banyu Linu.

2. Lokasi Istirahat Penambang

Pada zaman dahulu kala lokasi itu menjadi tanda tempat istirahatnya bagi penambang belerang. Kawah Ijen yang menghasilkan belerang telah membawa sebagian penduduk setempatnya untuk berprofesi sebagai penambang belerang.

Baca juga: Viral 3 Makam Misterius di Tengah Jalan, Ini Penjelasan Kraton Kasunanan

3. Terlihat Baru

Makam ini terlihat tampak baru dengan batu kijing dan batu nisan di atasnya. Dua buah batu nisan terselimuti kain berwarna putih. Posisinya membujur dari arah selatan ke utara layaknya seperti makam manusia.

Di sekeliling makam, terdapat pagar dari bambu yang memutari, melainkan untuk sisi lainnya terbuka begitu saja. Pengendara yang melintasi jalur menuju TWA Kawah Ijen pun bisa melihatnya dengan jelas.

4. Belum Diketahui Pemiliknya

Sampai saat ini makam tersebut belum diketahui milik siapa, apakah ada pemiliknya atau hanya ornamen untuk pengingat para pengendara lebih berhati-hati di jalur tersebut.

“Padahal sebelumnya pengendara yang biasa melintas tidak pernah melihat makam tersebut,” ujar salah satu pengendara, Revian Septiawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini