MUI Kembali Gelar Standarisasi Dai Angkatan Ke-5

Widya Michella, MNC Media · Senin 11 Oktober 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 337 2484614 mui-kembali-gelar-standarisasi-dai-angkatan-ke-5-Qca7dH9Mmz.jpg Majelis Ulama Indonesia (Foto: Ist)

JAKARTA - Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menggelar standarisasi Dai Angkatan ke 5 secara offline pada Senin (11/10/2021). Hal ini dilakukan untuk memenuhi target 300 dai yang terstandardisasi tahun ini.

Ketua Komisi Dakwah MUI, Zubaidi mengatakan, kegiatan ini berguna untuk menyatukan persepsi para dai. Selain itu, para dai hasil kegiatan itu akan tertempa kompetensinya sebagai pendakwah.

"Standardisasi ini memberikan keterjaminan kepada alumninya sudah memiliki standar kompetensi sebagai dai,” urai Zubaidi demikian dikutip pada laman resmi MUI.

Baca Juga:  MUI: Vaksin Zifivax dari China Suci dan Halal Digunakan

Standarisasi yang dimaksud adalah kompetensi konten keislaman, isu-isu Islam kontemporer, moderasi serta paham kebangsaannya. Ia menilai kompetensi kebangsaan menjadi poin yang penting dalam standardisasi ini,sehingga MUI telah memutuskan bentuk negara NKRI dengan pancasila sebagai dasar negara sudah final.

"MUI mengharapkan para dai bisa menyampaikan konten-konten yang benar sesuai dengan syariat Islam, dan tidak melanggar koridor kebangsaan kita,” imbuhnya.

Selain standarisasi kemampuan dai, kegiatan angkatan 5 ini juga sebagai sarana silaturahim sesama dai antar wilayah.

Baca Juga:  MUI Tetapkan Vaksin Zifivax Halal dan Aman Digunakan

Bahkan, dengan kegiatan ini, lanjutnya tidak akan ada persepsi masyarakat yang menganggap komunikasi antar dai berasal dari latar belakang ormas yang berbeda tidak terjalin baik. Sehingga persepsi masyarakat soal para dai terbelah akan memudar.

“Diharapkan dengan standardisasi ini komunikasi dan silaturahim antar dai dari berbagai ormas Islam berjalan dengan baik. Sehingga dakwah dapat berjalan efektif dan tujuan

dakwah dapat terealisasi,” harapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini