4 Kasus Pengemudi Mobil Tabrak Polisi, Korban Ada yang Luka Berat Hingga Meninggal

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 12 Oktober 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 337 2484599 4-kasus-pengemudi-mobil-tabrak-polisi-korban-ada-yang-luka-berat-hingga-meninggal-55lAELAz5u.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Banyaknya pengemudi yang tidak mengindahkan peraturan lalu lintas seringkali berdampak buruk. Polisi yang bertugas turun langsung ke jalan seringkali terkena akibatnya. Mulai dari luka ringan, berat, bahkan ada yang sampai meninggal dunia, 

Berikut adalah beberapa kasus pengemudi tabrak polisi, dilansir dari berbagai sumber;

1. Oktober 2021

Mobil sedan yang dikemudikan oknum berinisial RI dilaporkan menabrak seorang polisi. Kejadian ini terjadi Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Minggu (10/10/2021). Dilansir dari berbagai sumber, kecelakaan bermula saat BMW yang dikendarai pelaku melaju dari arah selatan dan menabrak polisi berinisial JH yang sedang mengatur arus lalu lintas. Akibat kejadian ini, polisi yang menjadi korban mengalami luka dan mendapat perawatan di RSAL Mintoharjo.

BACA JUGA: Polisi yang Ditabrak Pengemudi BMW Alami Cedera Pinggul

Pelaku mengaku tidak berkonsentrasi saat mengemudi dan berakhir menabrak korban. RI kemudian menjalani tes urine untuk mengetahui apakah Ia dalam pengaruh narkotika. Hasil tes tersebut dinyatakan negatif. Saat ini, Ia masih menjalani pemeriksaan di kepolisian setempat.

2. Agustus 2021

Pengemudi mobil berjenis MUV ditetapkan sebagai tersangka lantaran menabrak seorang polisi berinisial AB (54 tahun) yang sedang bertugas. Kejadian ini terjadi pada Selasa (17/8/2021) dini hari. Korban sedang bertugas mengalihkan arus lalu lintas dari Jalan Pahlawan ke Jalan Cokroaminoto dalam rangka kegiatan Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Surabaya.

BACA JUGA: Kronologi Polisi Tewas Ditabrak Truk saat Tilang Mobil Boks di Tol Ciledug

Pelaku tidak mengindahkan perintah dari petugas. Akibatnya, seorang petugas kepolisian tertabrak dan mengalami luka berat. Korban kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya untuk mendapat perawatan intensif sebelum akhirnya meninggal dunia sebulan kemudian.

Karena perbuatannya, pelaku diganjar Pasal 312 dan Pasal 310 Ayat 3 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

3. Mei 2021

Seorang pelajar di bawah umur berinisial AAD (16 tahun) menabrak polisi saat penyekatan di Pos Prambanan Klaten. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (8/5/2021). Pengemudi mobil berjenis VW ini dilaporkan masih berstatus pelajar kelas 2 SMA.

Korban yang melihat mobil milik pelaku mengarahkannya untuk masuk jalur lambat. Namun, karena takut lantaran tidak memiliki surat-surat berkendara, pelaku menerobos pos penyekatan dan menabrak polisi yang sedang bertugas.

Untungnya, korban hanya mengalami luka ringan. Atas perbuatannya, pelaku dikenai pasal berlapis. Selain tilang karena tidak memiliki SIM, pelaku juga dikenakan pasal 212 tentang melawan petugas dan 335 ayat 1 KUHP. Karena masih di bawah umur, pelaku tidak ditahan.

4. Januari 2020

APP (25 tahun) ditangkap sebagai tersangka karena telah menabrak seorang polisi dengan mobil miliknya pada Sabtu (18/1/2020) dini hari.

Korban diketahui tengah melaksanakan kegiatan antisipasi balapan liar, di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia memberhentikan pelaku karena tidak menyalakan lampu kendaraan dan tidak memiliki pelat nomor.

Awalnya, mobil yang dikemudikan pelaku sempat berhenti. Namun, ketika sedang dilakukan pemeriksaan, mobil tiba-tiba dijalankan dan menabrak korban. Karena kejadian ini, korban mengalami luka di bagian pipi dan kaki. Pihak kepolisian kemudian menjalankan pemeriksaan dan mengadakan tes urine terhadap pelaku, yang hasilnya positif mengandung ganja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini