Apa Agama Prabu Siliwangi, Apakah Seorang Muslim?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 12 Oktober 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 337 2484473 apa-agama-prabu-siliwangi-apakah-seorang-muslim-rWTjAjkoK9.jpg Prabu Siliwangi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Prabu Siliwangi disebut sebagai seorang muslim. Ia di-Islamkan oleh Syekh Hasanuddin atau lebih dikenal dengan sebutan Syaikh Quro yang merupakan seorang ulama besar yang lahir sebelum era Wali Sembilan.

Dilansir dari laman NU, Ketua Pengurus Cabang Lesbumi NU Bogor Bambang “Ciras” Sudarsono mengatakan, dirinya yang berperan penting dalam Islamisasi di Jawa Barat ini masuk Islam saat hendak menikahi Nyi Subang Larang.

Subang Larang tak lain sebagai santri di pesantren yang dipimpin Syaikh Quro di Karawang. Menurut Bambang, dari sebuah naskah kuno diceritakan bahwa Prabu Siliwangi adalah seorang Muslim, bersumberkan Buku Carita Purwaka Caruban Nagari, yang ditulis Pangeran Arya Cirebon (1720), Prabu Siliwangi masuk Islam saat hendak menikahi Subang Larang.

“Kami ingin meluruskan mitos atau opini yang berkembang di masyarakat secara turun temurun, bahwa Prabu Siliwangi penganut Hindu. Prabu Siliwangi adalah seorang Muslim dan Pajajaran bukanlah kerajaan Hindu, melainkan kerajaan yang secara turun temurun mewariskan nilai Sunda Wiwitan atau Jati Sunda,” terang Bambang.

(Baca juga: Kisah Prabu Siliwangi Satukan Dua Kerajaan Terbesar di Tanah Sunda)

Saat itu, dia menjelaskan, masifnya islamisasi Tatar Sunda tak lain berkat dukungan penuh Prabu Siliwangi, yang membebaskan putra putrinya untuk belajar Islam, melakukan dakwah ke seluruh pelosok “Tatar Sunda” atau bahkan mendirikan kesultanan baru yang mandiri dari Pajajaran sebagai “keraton” dan akar mereka.

Berkat kuatnya pengaruh gerakan islamisasi yang dilakukan dinasti Siliwangi di Jawa Barat, kini mayoritas masyarakat setempat menjadi penganut Islam yang taat. Nyaris sulit menemukan adanya orang Jawa Barat menganut agama selain Islam, sehingga muncullah istilah “Islam Sunda” dan “Sunda Islam.”

(Baca juga: Asal Usul Prabu Siliwangi, Raja Termasyhur dari Tanah Sunda)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini