Share

Kemenag: Tanggal Umrah Jamaah Indonesia Merujuk Tren Kasus Covid-19

Carlos Roy Fajarta, · Minggu 10 Oktober 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 337 2484045 kemenag-tanggal-umrah-jamaah-indonesia-merujuk-tren-kasus-covid-19-qI5Rl7e0XC.jpg Kakbah (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latief menyebutkan harapannya mengenai tanggal pelaksanaan umrah untuk jamaah Indonesia akan semakin cerah beberapa pekan depan. 

"Untuk kapan tanggal pastinya dan berapa orangnya itu kita masih menunggu. Karena itu akan menentukan bagi kita untuk menangani jamaah yang akan diberangkatkan," ujar Hilman Latief, Minggu (10/10/2021) ketika dikonfirmasi MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Umrah Jamaah Indonesia Dibuka, DPR: Syaratnya Segera Publikasikan ke Masyarakat

Ia menyebutkan Kementerian Agama bersama pihak terkait masih terus berkomunikasi perihal umrah untuk jamaah Indonesia tersebut secara intensif.

"Mau model seperti apa, dengan mekanisme bagaimana, pre-departurenya, kemudian apakah harus karantina, berapa lama. Tim sedang mengkaji, dan kebetulan alhamdulilah-nya calon jamaah yang akan diberangkatkan sudah divaksin dua kali," kata Hilman Latief.

Ia mengungkapkan tren angka kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini semakin turun atau melandai, tidak ada kenaikan kasus. "Kalau situasi landai ini bertahan dua pekan ke depan, maka clear and clean itu sudah menjadi modal kuat (untuk memastikan tanggal pelaksanaan umrah)," jelas Hilman Latief.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta mengeluarkan Nota Diplomatik pada 8 Oktober 2021.

"Kedutaan telah menerima informasi dari berbagai pihak yang berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," kata Retno Marsudi, Sabtu 9 Oktober 2021.

Baca Juga: KJRI Jeddah Bahas Teknis Pelaksanaan Umrah dengan Arab Saudi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini