Humor Gus Dur: Fidel Castro Tertawa Terpingkal-pingkal

Mohammad Adrianto S, Okezone · Minggu 10 Oktober 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 337 2483957 humor-gus-dur-fidel-castro-tertawa-terpingkal-pingkal-mYYNCoyCfn.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA – Rupanya, selera humor Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sudah terdengar sampai mancanegara. Begitu terkenal, sehingga banyak pemimpin negara lain yang penasaran akan candaan Gus Dur.

Melansir buku Mati Tertawa Bareng Gus Dur, salah satu kepala negara yang dibuat penasaran oleh guyonan Gus Dur adalah mantan Presiden Kuba, Fidel Castro, yang tidak mau melewatkan kesempatan untuk mendengar candaan Presiden ke-4 RI ini ketika bertemu satu sama lain.

Baca Juga:  Humor Gus Dur: Ziarah ke Makam Leluhur

Konon, guyonan mantan Presiden Abdurrahman Wahid selalu ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan, termasuk presiden dari berbagai negara.

Pernah suatu ketika, Gus Dur membuat tertawa Raja Saudi yang dikenal sangat serius dan hampir tidak pernah tertawa. Oleh Kiai Mustofa Bisri (Gus Mus), momentum tersebut dinilai sangat bersejarah bagi rakyat Negeri Kaya Minyak. "Kenapa?" tanya Gus Dur.

"Sebab sampeyan sudah membuat Raja ketawa sampai giginya kelihatan. Baru kali ini rakyat Saudi melihat gigi rajanya," jelas Gus Mus, yang disambut gelak tawa Gus Dur.

Melekatnya predikat humoris pada Presiden RI yang keempat itu pun sempat membuat Presiden Kuba Fidel Alejandro Castro Ruz penasaran. Suatu ketika, keduanya berkesempatan bertemu.

Baca Juga:  Humor Gus Dur: 3 Polisi Jujur di Indonesia

Seperti yang diceritakan oleh mantan Kepala Protokol Istana Presiden Wahyu Muryadi pada tayangan televisi, Fidel Castro bertanya kepada Gus Dur mengenai joke teranyarnya.

Dijawablah oleh Gus Dur, "Di Indonesia itu terkenal dengan fenomena 'gila',".

Fidel Castro pun menyimak pernyataan mengagetkan tersebut. "Presiden pertama dikenal dengan gila wanita. Presiden kedua dikenal dengan gila harta. Lalu, presiden ketiga dikenal gila teknologi," tutur Gus Dur yang kemudian terdiam sejenak.

Fidel Castro pun semakin serius mendengarkan lanjutan cerita. "Kemudian, kalau presiden yang keempat, ya yang milih itu yang gila," celetuk Gus Dur.

Fidel Castro pun diceritakan terpingkal-pingkal mendengar dagelan tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini