MUI: Vaksin Zifivax dari China Suci dan Halal Digunakan

Dimas Choirul, MNC Media · Minggu 10 Oktober 2021 03:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 337 2483924 mui-vaksin-zifivax-dari-china-suci-dan-halal-digunakan-N6NtfGbpMP.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan fatwa Nomor 53 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Anhui Zhifei Longcom, China yaitu Zifivax. Hasilnya, MUI menyatakan vaksin Zifivax suci dan halal untuk digunakan.

"Vaksin Zifivax hukumnya suci dan halal. Kenapa? Karena dalam proses produksinya memenuhi standar halal dan tidak ditemukan penggunaan material yang haram dan atau najis," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Ni'am Sholeh dalam konferensi pers di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/10/2021).

Asrorun menjelaskan, proses produksi Vaksin Zifivax tidak ditemukan pemanfaatan barang haram dan atau najis, baik komposisi bahan dan proses produksinya. Hal itu diketahui setelah tim auditor LPOM Komisi Fatwa MUI melakukan kajian ke pabrik Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co., Ltd. China.

"Sebagaimana mekanisme yang sudah ditetapkan di MUI, dokumen-dokumen untuk kepentingan pemfatwaan Vaksin Zifivax juga telah diverifikasi oleh tim dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan," paparnya.

Baca juga: MUI Resmi Terbitkan Sertifikat Halal untuk Vaksin Zifivax

MUI berharap, rekomendasi tersebut sejalan dengan pemerintah dalam komitmen penanggulangan Covid-19, untuk perluasan akses terhadap vaksin bagi masyarakat.

"Alhamdulillah dengan adanya satu produk yang memenuhi halal dan toyib sebagaimana ditetapkan juga oleh Badan POM, maka MUI mengharapkan pemerintah terus mengikhtiarkan dengan memprioritaskan pengadaan vaksin yang halal semaksimal mungkin," ucapnya.

Baca juga: Uji Klinis Fase III, Vaksin Zifivax Catat Angka Evikasi 81,5%

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini