Share

Jamaah Indonesia Boleh Umrah, Masih Ada 2 Hal Teknis yang Dibahas

Widya Michella, MNC Media · Sabtu 09 Oktober 2021 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 337 2483819 jamaah-indonesia-boleh-umrah-masih-ada-2-hal-teknis-yang-dibahas-YXCwUGJiQ9.jpg Ilustrasi (Foto : Zawya)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta melalui nota diplomatik yang dikeluarkan pada Jumat 8 Oktober 2021.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia, perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," kata Retno yang dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri, Sabtu (9/10/2021).

Secara terpisah, Konjen RI untuk Arab Saudi di Jeddah, Eko Hartono menyebut setidaknya ada dua hal teknis yang masih perlu di tindaklanjuti yakni terkait booster dan sertifikat vaksin.

Baca Juga : Jamaah Indonesia Bisa Umrah, Menlu Retno: Arab Saudi Sedang Meminimalisir Hambatan

"Hal- hal teknis itu terutama terkait booster dan sertifikat vaksin,"jelas Eko saat dihubungi MPI.

Terkait kedua hal tersebut, menurutnya aplikasi Indonesia belum tekoneksi dengan aplikasi sertifikat vaksin dari Arab Saudi.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

"Belum konek antara aplikasi kita dan Saudi,"sambungnya.

Jika kendala tersebut dapat diatasi. Lanjutnya, Indonesia akan kembali mengirimkan jamaah umroh ke Arab Saudi.

"Kalau nanti sertifikat booster dan vaksin sudah bisa dibaca di Arab Saudi. insya Allah jamaah dapat nyaman umrah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini