Share

Breaking News, Arab Saudi Kembali Membuka Umrah untuk Jamaah Indonesia

MNC Portal, · Sabtu 09 Oktober 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 337 2483793 breaking-news-arab-saudi-kembali-membuka-umrah-untuk-jamaah-indonesia-7YJpafNbzz.jpeg Menlu RI, Retno Marsudi (foto: okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan jika Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta melalui nota diplomatik yang dikeluarkan pada Jumat 8 Oktober 2021.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia, perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," kata Retno yang dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga:  Kemenag dan Dubes Arab Saudi Bahas Skema Umrah di Tengah Pandemi

Saat ini, sambung Retno, komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah.

"Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," tuturnya.

Baca juga:  Bahas Skema Penyelenggaraan Umrah saat Pandemi, Dirjen PHU Bertamu ke Dubes Saudi

Retno pun akan menindaklanjuti keputusan ini dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya.

"Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini