Share

Ketua KPK Prihatin Banyak Kepala Daerah Terjerat Korupsi

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 08 Oktober 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 337 2483088 ketua-kpk-prihatin-banyak-kepala-daerah-terjerat-korupsi-0Hkal4pI2t.jpg Ketua KPK, Firli Bahuri (foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan, hampir setengah lebih dari jumlah Gubenur di semua Provinsi di Indonesia pernah tersangkut kasus korupsi.

Selain Gubernur, ratusan Bupati juga menjadi bagian dari kepala daerah lainnya yang juga tersangkut korupsi.

“Catatan KPK para gubernur sudah 22 orang tersangkut korupsi, padahal provinsi kita hanya 34. Dan 122 bupati dari 542 pemerintah kabupaten/kota tersangkut korupsi," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya, Jumat (8/10/2021).

 Baca juga: Pejabat Daerah Korupsi Dana Bantuan, KPK Ingatkan Sumpah Jabatan

Firli tidak merinci siapa saja Gubernur dan Bupati yang telah terjerat kasus korupsi itu. Dirinya juga tidak merinci perkara apa saja yang menjerat para kepala daerah itu. Namun, dirinya merasa prihatin dengan banyaknya kepala daerah yang terjerat rasuah.

"Ini angka yang menjadi keprihatinan kita semua,” katanya.

Baca juga:  7 Kepala Daerah Terjerat Kasus Jual Beli Jabatan, Terbaru Oleh Pasutri

Karenanya, Firli memandang strategi pemberantasan korupsi dengan mengintegrasikan tiga pendekatan pendidikan, pencegahan dan penindakan sudah tepat.

"Upaya penindakan, untuk memberikan efek jera. Sedangkan, pendidikan untuk mencegah keinginan dan perilaku koruptif, serta perbaikan sistem untuk mencegah dan menutup peluang korupsi," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini