Share

Pemuda Katolik Minta Polda Kalbar Kedepankan Dialog dalam Tangani Persoalan CU

Tim Okezone, Okezone · Kamis 07 Oktober 2021 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 337 2482818 pemuda-katolik-minta-polda-kalbar-kedepankan-dialog-dalam-tangani-persoalan-cu-spHKJAR03x.jpg Ketua Umum PP Pemuda Katolik Karolin Margaret (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Pemanggilan dan pemeriksaan sejumlah pengurus Credit Union (CU) oleh Polda Kalimantan Barat telah menyebabkan keresahan di kalangan anggota CU dan warga masyarakat.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa Polda Kalimantan Barat seharusnya terlebih dahulu meminta masukan mengenai CU dari berbagai pihak yang berkompeten, serta memiliki pemahaman sejarah dan kondisi sosial budaya masyarakat Kalimantan Barat.

"Kehadiran CU sebagai gerakan kemandirian ekonomi rakyat melalui koperasi di Kalimantan Barat pada awalnya diinisiasi oleh Gereja Katolik. CU saat ini telah berkembang dengan baik dan membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan anggota, termasuk warga masyarakat yang selama ini kesulitan dan tidak memiliki akses terhadap lembaga keuangan," kata Karolin dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021).

PP Pemuda Katolik mendesak Polda Kalbar untuk mengedepankan cara dialog dan mengayomi dari pada pendekatan keamanan dan hukum. Hal ini mengingat bahwa permasalahan yang ada merupakan bagian dari usaha CU dalam melayani kebutuhan anggota, termasuk warga masyarakat di wilayah-wilayah yang tidak terjangkau oleh lembaga keuangan lainnya.

Baca juga: Polisi Tetapkan 16 Tersangka Kasus Perusakan Masjid Ahmadiyah di Kalbar

Karolin menambahkan, pihaknya meminta kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar memberikan perhatian khusus dan mengevaluasi kebijakan Polda Kalimantan Barat di dalam menangani permasalahan CU di Kalimantan Barat.

Baca juga: Polair Gagalkan Penyelundupan 100 Ton Rotan dari Kalbar ke Malaysia

"Pemprov Kalbar dan Kementerian Koperasi & UKM RI agar secara serius dan segera mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi CU di Kalimantan Barat. Hal ini sebagai wujud nyata keberpihakan pemerintah pada gerakan kemandirian ekonomi rakyat sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945," ucap dia.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Ia juga meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk melindungi Gerakan CU di Indonesia, seperti di negara-negara lainnya yang telah meletakkan Gerakan CU sebagai pilar utama ekonomi negara serta dapat mengakses fasilitas negara seperti subsidi perumahan dan lain-lain.

"PP Pemuda Katolik mendukung program dan kreatifitas segenap jajaran pengurus CU untuk melayani anggota dengan sebaik-baiknya. Pengurus CU agar menyesuaikan kebijakan dan program CU dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.," tandasnya.

Baca juga: Bongkar Tambang Emas Ilegal di Bengkayang, Polisi Sita 2 Ekskavator

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini