Ini Prioritas Kerja Kementerian PANRB Periode 2019-2024

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 07 Oktober 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 337 2482604 ini-prioritas-kerja-kementerian-panrb-periode-2019-2024-UPzOOnpu5G.jpg priortas kerja kementeran panrb/ ist

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkapkan paparan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kamis, (7/10/21).

(Baca juga: Tjahjo Kumolo Bilang Belum Dapat Info soal Nama Wamenpan-RB)

Dalam paparan tersebut, Kementerian PANRB memiliki beberapa prioritas kerja dari periode 2019-2024, yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM) , pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Untuk pembangunan SDM, Kementerian PANRB berencana untuk membentuk SDM yang pekerja keras, dinamis, terampil, serta menguasai IPTEK. Mereka juga berencana untuk mengundang talenta global.

(Baca juga: Menteri Tjahjo Minta Penggunaan Kendaraan Dinas dan Pakaian Dinas Diawasi)

Sementara untuk pembangunan infrastruktur, akan direncanakan penghubung antara produksi dan distribusi, serta mempermudah akses wisata. Mereka juga akan mendongkrak lapangan kerja sebagai nilai tambah perekonomian.

Dalam simplifikasi regulasi, Kementerian PANRB akan menyederhanakan, memotong, dan memangkas kendala regulasi, salah satunya adalah Omnibus Law.

Kementerian PANRB juga berencana untuk menjalankan penyederhanaan birokrasi dengan langkah penyederhanaan birokrasi menjadi 2 level eselon, dan melakukan peralihan jabatan struktural menjadi fungsional. Dan untuk transformasi ekonomi, mereka akan meningkatkan daya saing manufaktur dan jasa modern bernilai tambah tinggi.

Adapun 7 perintah Presiden Joko Widodo untuk kabinet Indonesia maju, yakni:

1. Jangan korupsi, ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi!

2. Tidak ada visi misi Menteri, yang ada visi misi Presiden-Wakil Presiden!

3. Kerja cepat, kerja keras, kerja produktif!

4. Jangan terjebak rutinitas yang monoton!

5. Kerja berorientasi pada hasil nyata! Tugas kita tidak hanya menjamin sent, tapi delivered!

6. Selalu cek masalah di lapangan dan temukan solusinya!

7. Semuanya harus serius dalam bekerja. Saya pastikan yang tidak bersungguh-sungguh, tidak serius, bisa saya copot di tengah jalan!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini