3 Fakta Pengamanan PON di Papua, Jaga Kesehatan hingga Lautan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 07 Oktober 2021 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 337 2482413 3-fakta-pengamanan-pon-di-papua-jaga-kesehatan-hingga-lautan-F8jWgvW6Nq.jpg Logo PON Papua (Foto: Twitter)

PENGAMANAN yang dilakukan agar perhelatan PON XX Papua berjalan aman dan kondusif memang menjadi perhatian utama pemerintah. Pengamanan yang dilakukan kali ini tidak cuma menjaga wilayah, tapi juga jaga kesehatan dari Covid-19.

Melansir Okezone, TNI-Polri akan melakukan pengamanan venue atau lokasi pertandingan, jalannya pertandingan, pengamanan atlet dan kontigen, pengamanan penonton dan masyarakat menjadi hal utama.

1. Jaga Kesehatan

TNI AL (Angkatan Laut) mengirimkan prajurit, tenaga medis dan kapal perang demi mendukung keberlangsungan acara pesta olahraga terbesar se Indonesia ini. TNI AL mengutus sekitar 30 tenaga kesehatan dan 20 dokter ke Papua untuk membantu percepatan serbuan vaksinasi di wilayah tersebut.

Selain dari TNI AL, Polri juga memastikan jika gelaran PON ini akan bebas dari serangan KKB (Kelompok Bersenjata Papua). Selain keamanan, Polri juga menegaskan jika pelaksanaan PON ini akan sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan. Mengingat perhelatannya diadakan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga : Demi Kelancaran PON Papua, Pemerintah Segera Vaksinasi Atlet

“Ketentuan terkait dengan aturan yang boleh menonton di venue 25 %, sudah divaksin 2 kali, penggunaan masker dan aturan 3M harus dilaksanakan dan ditegakkan,” kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, seperti dilansir dari Okezone.

2. Jaga Lautan

Untuk sektor keamanan, TNI AL akan menitikberatkan pengamanan di laut. Sejumlah kapal perang unggulan beserta prajurit pun sudah siap ditempatkan. Adapun kapal perang yang dikerahkan adalah KRI Soeharso.

Kapal ini mampu digunakan sebagai evakuasi medis. Selain itu, TNI AL juga menyiapkan helikopter untuk keperluan pengamanan. Jika ditotal, TNI AL mengerahkan kurang lebi seribu pasukannya di sana.

3. Jaga Pesisir hingga Pegunungan

Sementara itu, dari sisi Polri, berjalannya PON Papua akan dikawal oleh kurang lebih 9 ribu personel. Polri akan mengirimkan alat material khusus atau Almatsus untuk 3 zona, yakni pesisir, rawa-rawa dan pegunungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini