Pemprov DKI Sediakan 3 Jenis Vaksin Covid-19 untuk Bumil

Indra Purnomo, MNC Portal · Rabu 06 Oktober 2021 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 337 2482299 pemprov-dki-sedikan-3-jenis-vaksin-covid-19-untuk-bumil-zAjFYIDn4L.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan tiga jenis vaksin Covid-19 untuk ibu hamil (bumil) yakni vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Melansir unggahan akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, semua jenis vaksin tersebut dilayani di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra vaksin di DKI Jakarta untuk KTP seluruh Indonesia.

"Vaksinasi Covid-19 aman untuk ibu hamil. Bertujuan untuk menurunkan risiko gejala yang akan dirasakan ibu hamil jika terpapar Covid-19, mengingat ibu hamil merupakan kelompok rentan," tulis keterangan akun Instagram @dkijakarta, Rabu (6/10/2021).

Adapun, vaksin dapat diberikan bagi ibu hamil di atas kehamilan 12 minggu-cukup bulan (aterm). Kemudian, vaksinasi ibu hamil dapat diberikan bersamaan dengan layanan pemeriksaan kandungan (ANC)/skrining triple eliminasi/kunjungan nifas.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Aman bagi Ibu Hamil

Sementara itu, bagi ibu hamil yang sudah menerima vaksin dosis 1 AstraZeneca kemudian hamil, dosis 2 diberikan setelah persalinan atau saat hamil dengan jenis vaksin sama sesuai dengan rekomendasi tertulis dari dokter ahli kandungan.

Baca juga: PPKM Jakarta Tetap Level 3, Gubernur Anies: Jangan Lengah dan Abai

"Selain itu, lakukan juga pencegahan ekstra, patuhi prokes 6M dan pemeriksaan kehamilan secara berkala agar kesehatannya tetap terpantau," tulis keterangannya lagi.

Unggahan ini pun mendapat pertanyaan dari warganet. "Kalo vaksin untuk yg baru melahirkan min?," tanya akun Instagram @reza.batubara.

"Sudah bisa kak @reza.batubara. Silakan mendiskusikan soal kondisi ibu yang baru melahirkan dengan dokter sebelum melakukan vaksinasi, ya," timpal akun Instagram @dkijakarta.

Baca juga: Teluk Jakarta Tercemar Paracetamol, Ini Tanggapan Wagub DKI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini