Share

Kemungkinan Nama Calon Panglima TNI Diusulkan ke DPR Usai Reses

Tim Okezone, Okezone · Selasa 05 Oktober 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481782 kemungkinan-nama-calon-panglima-tni-diusulkan-ke-dpr-usai-reses-1YBHspddB8.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bakal memasuki masa pensiun pada 8 November 2021. Hingga kini, masih belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Hadi Tjahjanto.

Sejauh ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga belum menyerahkan surat presiden (surpres) mengenai calon panglima TNI. Informasinya, surat tersebut masih disiapkan dan hanya menunggu waktu untuk dikirimkan ke DPR.

Sementara dari informasi yang diperoleh dari sumber Okezone, disebutkan surpres itu akan dikirimkan ke DPR usai masa reses. DPR sendiri akan memasuki masa reses mulai 8 Oktober hingga 23 Oktober 2021.

"Fresh from the oven, calon panglima diusulin setelah reses DPR. November minggu ke dua berarti," kata sumber.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Lodewijk Freidrich Paulus menyampaikan saat ini belum ada surat Presiden (Surpres) terkait Panglima TNI dari Presiden. Menurutnya, masih ada waktu untuk pengumuman tersebut karena masa jabatan Panglima berakhir.

"Sampai saat ini memang belum ada dari aspek waktu saya katakan Panglima TNI pada tanggal 9 November jadi kalau sekarang 5 Oktober dengan masa reses artinya kita punya waktu," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (5/10/2021).

Baca Juga : Dapat Kejutan dari Kapolri dalam HUT ke-76 TNI, Panglima Terharu

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Kita jangan berhitung mari kita menggunakan kesempatan sampai 9 November diharapkan Presiden sudah mengajukan ke DPR," ucapnya.

Dengan demikian, pihaknya dapat segera melaksanakan fit and proper test sehingga sebelum tanggal tersebut TNi sudah memiliki Panglima yang baru.

"Kita bisa lakukan fit and proper test diharapkan sebelum 9 November TNI sudah punya Panglima TNI," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini