Share

Tinjau Pameran Alutsista TNI, Mahfud Ungkap Pesan Presiden Jokowi ke Prabowo

Riezky Maulana, iNews · Selasa 05 Oktober 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481740 tinjau-pameran-alutsista-tni-mahfud-ungkap-pesan-presiden-jokowi-ke-prabowo-aiZgf5GQkG.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Dok Kemenko Polhukam)

JAKARTA - Menko Polhukam, Mahfud MD, menyebut alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki TNI semakin bagus. Meski begitu, alutsista yang dimiliki tak sebagus milik beberapa negara maju.

Hal ini dikatakan Mahfud usai meninjau pameran alutsista bersama Presiden Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam rangkaian acara HUT ke-76 TNI.

"Alutsistanya cukup bagus, meskipun belum sebagus negara maju lain. Tapi, saya bersama presiden tadi melihat alutsista bersama Menhan, Panglima TNI dan Kepala Staf angkatan, serta Kapolri ya cukup bagus," kata Mahfud dalam keterangan video, Selasa (5/10/2021).

Saat meninjau, kata Mahfud, Presiden Jokowi sempat berpesan kepada Menhan Prbaowo untuk cari alutsista yang lebih bagus lagi. Menurut Mahfud, Prabowo mengaku siap atas permintaan yang dilayangkan Jokowi.

"Presiden mengatakan cari yang lebih bagus lagi. Menhan bilang siap nanti kira-kira dua tahun yang akan datang insya Allah bisa sejajar dengan negara maju," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini TNI jauh lebih profesional baik itu dari segi kemodernan alutsista yang dimiliki maupun kemampuan pengetahuan yang kian komprehensif.

"Kalau dulu 76 tahun lalu pakai bambu runcing sehingga ada lagu bambu runcing itu kan menggambarkan TNI di zaman dulu. Sekarang ini sudah hebat-hebat. Ada atraksi udaranya juga luar biasa," ucapnya.

Baca Juga : HUT Ke-76 TNI, Wakapolri dan Kabareskrim Sambangi Rumah Dinas Kasal

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan pameran alutsista di depan Istana Merdeka. Jokowi menyebut ini bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat terkait penggunaan anggaran negara.

"Kita harapkan publik, masyarakat, bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km. Dan yang lain-lainnya nanti ditanyakan ke Panglima TNI, KASAD, KASAL, KASAU," paparnya.

Jokowi menyebut bahwa alutsista yang dipamerkan termasuk dalam pembelian baru. "Inilah yang kita miliki. Dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang Astros tahun berapa? Ini baru aja di 2014 kita membeli ini. Jadi keliatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," ujar Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini