5 Fakta HUT Ke-76 TNI, Atraksi Pesawat Tempur hingga Kejutan dari Kapolri

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 05 Oktober 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481575 5-fakta-hut-ke-76-tni-atraksi-pesawat-tempur-hingga-kejutan-dari-kapolri-FLYx69wITI.jpg Atraksi pesawat TNI. (Foto: Antara)

JAKARTA - Tanggal 5 Oktober merupakan hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia. Di tahun 2021 ini, TNI sudah memasuki usia ke-76 sejak kali pertama diresmikan tahun 1945.

Ada sejumlah fakta mengenai HUT TNI ini yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Jokowi Pimpin Upacara

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut menghadiri upacara dari HUT TNI ini. Dirinya bertugas menjadi inspektur upacara.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Kolonel Inf Tujung Setyabudi. Sedangkan perwira upacara yakni Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya.

Baca juga: Disapa Jokowi, TNI di Perbatasan Indonesia-Malaysia Laporkan Temuan 460 Kasus

2. Anugerahi Bintang Jasa

Tidak hanya memimpin upacara, Jokowi juga menganugerahi 3 orang perwira TNI. Keputusan Presiden (Keppres) penganugerahan bintang tanda jasa kepada tiga prajurit TNI dari tiga matra itu dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Marsda TNI M. Tonny Harjono.

Berdasarkan Keppres Nomor 15,19 dan 95 TK/2021, prajurit TNI yang mendapatkan tanda kehormatan dari Kepala Negara yakni:

- Wakil Komandan Pusdiklatpassus Kopassus TNI AD, Kolonel Inf Anwar (Bintang Kartika Eka Paksi Nararya)

- Wadanden 6 Satkopaska Koarmada I TNI AL, Kapten Laut (T) Rohani Sapporo Nur (Bintang Jalasena Nararya)

- Bintara Pamfik Satpom Lanud Husein Sastranegara TNI AU, Serka Wawan Agus Setyawan (Bintang Swa Bhuana Paksa Nararya)

3. Pameran Alutsista

Tidak hanya upacara, TNI juga mengadakan pameran Alutsista di sekitar Istana Merdeka. Menurut Jokowi, pameran ini juga bertujuan untuk bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat terkait penggunaan anggaran.

“Pagi hari ini dalam rangka Hari Ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita,” kata Jokowi di Jalan Merdeka Utara

“Dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini. Dan kita harapkan publik , masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km. Dan yang lain-lainya nanti ditanyakan ke Panglima TNI, KSAD, KSAL, KSAU,” papar Jokowi kepada media.

4. Atraksi Pesawat Tempur

HUT TNI semakin meriah dengan adanya atraksi pesawat tempur, yang dibuka oleh 6 pesawat tempur T-50i Golden Eagle dengan flight leader Letkol Pnb Darma Rotwil Gultom melakukan fly past membentuk aero head formation serta melaksanakan manuver Bomb Burst.

Kemudian, kedua Falcon Flight 6 pesawat F-16 Fighting Falcon dengan Flight Leader Letkol Pnb Agus Wolfrin Dwi Arianto akan fly past dengan bermanuver Bomb Burst.

Sebagai penutup Bajra Flight yang terdiri dari 4 pesawat Sukhoi SU-27 dan SU-30 dari Skadron Udara 11 dan 14 dibawah komando Flight Leader Letkol Pnb Bambang Stinger Baskoro.

5. Mendapat Kejutan dari Polri

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima kejutan dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI. Kapolri berkunjung ke Subden Merdeka Barat Denma Mabes TNI, Jakarta Pusat dalam rangka mengucapkan secara langsung HUT TNI kepada Panglima TNI.

Atas kejutan tersebut, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas ucapan dan perhatian Kapolri serta seluruh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia di hari jadi TNI. Dirinya mengutarakan pentingnya sinergi antara TNI-Polri demi menjaga bangsa Indonesia.

"Saya yakin bahwa sinergi TNI-Polri adalah kebutuhan bagi Bangsa Indonesia untuk menjaga utuhnya wilayah NKRI,” ujar Panglima TNI melalui keterangan tertulis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini