Disapa Jokowi, TNI di Perbatasan Indonesia-Malaysia Laporkan Temuan 460 Kasus

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 05 Oktober 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481524 disapa-jokowi-tni-di-perbatasan-indonesia-malaysia-laporkan-temuan-460-kasus-oVpqW51WMr.jpg HUT ke-76 TNI. (Foto: Youtube Sekpres)

JAKARTA - Seusai memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa prajurit TNI melalui konferensi video. Salah satu yang sapa adalah prajurit TNI yang sedang bertugas pada Satgas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia Yonmek 643/WNS di Entikong, Kalimantan Barat;

Pada kesempatan itu Dansatgas Pengamanan Perbatasan, Letkol Infantri Hendro Wicaksono menyampaikan kondisi pasukan dan situasi di perbatasan

“Jumlah personel 450 orang lengkap dan sehat tersebar di 29 pos satgas wilayah tanggung jawab kami meliputi Kabupaten Sambas, Bengkayang, dan Sanggau dalam keadaan kondusif aman dan terkendali,” katanya, Selasa (5/10/2021).

Hendor mengungkapkan dalam menjalankan tugasnya bersinergi dengan berbagai pihak. Dia pun melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa selama lima bulan ini ratusan kasus yang ditemukan.

“Dengan hasil operasi yang kami peroleh di jalur tidak resmi Kotis Entikong selama kurang lebih lima bulan bertugas, sejumlah 460 kasus terdiri dari 395 ilegal entry, 7 illegal trading, 2 illegal logging, 53 ilegal senpi, 2 ilegal satwa, dan 1 narkoba,” ujarnya.

Baca juga: Ini Formasi Pesawat Tempur pada HUT TNI Ke-76 di Langit Istana Merdeka

Tidak hanya itu dia juga mengungkapkan bahwa prajurit TNI di perbatasan membantu pengamanan pekerja migran Indonesia (PMI).

“Di masa pandemi covid-19 kami membantu pengamanan PMI prosedural maupun nonprosedural di PLBN Aruk dan Entikong dengan mematuhi protokol Kesehatan. Diantaranya swab PCR, pendataan karantina dan pengembalian dengan PMI bekerjasama dengan BP2MI dan Imigrasi,” tuturnya.

Mendengar laporan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada prajurit TNI yang bertugas di perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Letkol Hendro terima kasih telah menjalankan tugas di perbatasan RI dan Malaysia di sekitar Entikong. Terima kasih,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini